nusabali

Putri Koster Panen Jeruk RGL di Tiga

  • www.nusabali.com-putri-koster-panen-jeruk-rgl-di-tiga

BANGLI, NusaBali - Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Bali Nyonya Putri Koster memanen jeruk jenis RGL di Banjar Pukuh Desa Tiga, Kecamatan Susut Bangli, Rabu (9/8/). Istri Gubernur I Wayan Koster ini didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Bangli Nyonya Sariasih Sedana Arta.

Jeruk yang dipanen tersebut salah satu jeruk premium. Panen jeruk dilakukan usai menghadiri Pasar Rakyat PKK Bangli di Alun-alun Bangli. Nyonya Putri Koster memuji rasa khas dari jeruk RGL yang dihasilkan oleh petani Bangli.

Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli I Wayan Sarma mengatakan jeruk jenis RGL sudah dikembangkan sejak 7 tahun lalu pada empat kecamatan di Bangli. Jeruk RGL unggul dibandingkan jenis jeruk lain karena tekstur kulit lebih tebal hingga lebih tahan lama. Kulit jeruk RGL lebih halus dan warna orange lebih cerah, sehingga tampilnya lebih bagus dan rasa manis dengan daging buyah yang tebal.

"Dengan keunggulan ini, jeruk RGL termasuk jenis premium, cocok untuk ekspor. Begitu juga harga jualnya lebih mahal, kisaran Rp 5.000 - Rp 7.000/kg dibandingkan jeruk lain," jelasnya. Saat ini, harga jeruk RGL di tingkat petani kisaran Rp 20.000 - Rp 25.000/kg. Ditambahkan, perawatan jeruk ini sama dengan jeruk lain.7esa

Komentar