nusabali

Polresta Ganti Uji SIM Manuver Angka ‘8’ jadi Huruf ‘S’

  • www.nusabali.com-polresta-ganti-uji-sim-manuver-angka-8-jadi-huruf-s

DENPASAR, NusaBali - Polresta Denpasar kini tengah menyiapkan uji praktik surat izin mengemudi (SIM) berbentuk huruf 'S'. Uji praktik SIM itu kini sedang tahap proses pembuatan.

"Yap lagi proses pembuatan, lagi dikerjakan," kata Wakasat Lantas Polresta Denpasar, AKP Aan Saputra dalam pesan singkatnya dilansir detikBali, Jumat (4/8).

Namun Aan sampai saat ini belum bisa memastikan kapan kepastian uji praktik SIM berbentuk huruf 'S' itu diterapkan. Aan hanya mengatakan uji SIM ini akan diterapkan secepatnya. "Sedapatnya (akan diterapkan)," ujar mantan Kasat Lantas Polres Jembrana itu.

Seperti dilansir dari detikNews, uji praktik SIM dengan membentuk angka 8 dan zig-zag resmi diubah. Perubahan ini dilakukan setelah Korlantas Polri melakukan evaluasi terkait ujian praktik pembuatan SIM yang dinilai menyulitkan. "Iya, sudah diubah," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman saat dihubungi detikcom, Kamis (3/8).

Korlantas Polri telah membuat desain baru sirkuit untuk uji praktik SIM ini. Uji praktik SIM dengan membentuk angka 8 kini diganti dengan model bentuk huruf S. "Uji membentuk angka 8 digantikan dengan uji membentuk huruf 'S'," katanya.

Selain itu, lebar lintasan yang sebelumnya sempit juga diubah. Kini sirkuit lebih lebar. "Ukuran lebar lintasan diperlebar dari ukuran lama 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan," imbuhnya.

Latif mengatakan perubahan lintasan menjadi sebuah sirkuit ini mengakomodasi empat materi ujian praktik. Kini ujian dilakukan tanpa materi tes zig-zag dan slalom. "Sudah mulai besok di Daan Mogot. Rencana akan ditinjau langsung oleh Kakorlantas," pungkasnya. 7

Komentar