nusabali

‘Agama’ Saya Cinta

  • www.nusabali.com-agama-saya-cinta

SETELAH diusir empat kali dari Vihara, diusir pecalang (satpam desa) secara kasar dari sebuah Pura di Bali, roh di dalam sedih sekali.

Di puncak kesedihan terdengar suara di dalam: "Pergilah ke Pemuteran". Sebuah pusat wisata di Buleleng Barat Bali Utara. Pemuteran dalam bahasa Bali artinya ambil arah balik.

Ternyata benar, di sebuah sore ketika baru sampai di Pemuteran, disaksikan sejumlah sahabat dekat Compassion, kami disambut awan berbentuk Love. Beberapa saat kemudian, awan berbentuk Love berubah menjadi tulisan Arab Allah (Tuhan). Salah satu staf hotel berbisik, 10 menit jalan kaki dari hotel ada Pura.

Tapi setelah berjalan 30 menit di pantai, Puranya tidak ketemu. Setelah mau balik, di bawah kaki ada batu putih lagi-lagi berbentuk Love. Tatkala mencari foto di FB untuk bahan menulis -masih di Pemuteran- tiba-tiba di layar ada tulisan begini: "Buka buku di sebelah Anda. Halaman 18 alinea ke 4". Ternyata di sana ada tulisan Tatvamasi. Lengkap dengan penjelasannya: "Dari awal yang tidak berawal Atman (jiwa) tidak pernah berpisah dengan Brahman (Tuhan)".

Di sekolah SD diajarkan dulu, Tatvamasi artinya saya adalah Anda, dan Anda adalah saya. Sebuah ungkapan cinta kasih yg indah sekali. Karena demikian terang pesannya, Guruji berdoa di Pura milik hotel tempat menginap. Ketika sedang menghidupkan dupa dari arah gunung ada 3 Cahaya menyambut. Rangkaian pesan ini bertutur, yang dibutuhkan dunia bukan agama baru. Tapi Cinta yang baru. Persisnya, Cinta yang bisa merasakan, dalam penderitaan orang ada penderitaan kita.

Dalam kebahagiaan orang, ada kebahagiaan kita. Dan cerita itu pernah didokumentasikan oleh majalah pria Matra edisi april 2003 (foto terlampir). Yang berisi wawancara panjang majalah pria Matra dengan Guruji di tahun 2003. Matra menghabiskan 8 halaman untuk memuat wawancara ini.  Setelah wawancara panjang, dengan sangat sopan redaksi majalah Matra menelpon. "Hasil wawancaranya kami kasih judul "Agama" saya Cinta ya". Pagi ini saat matahari terbit, di Ashram terdengar pesan: "As long as there's love in the heart, all religions are beautiful religions". Semoga semua mahluk berbahagia. Semoga semua sahabat dijumpai dalam keadaan sehat dan bahagia bersama keluarga. 7

Komentar