nusabali

Puskeswan Cek Kesehatan Babi

  • www.nusabali.com-puskeswan-cek-kesehatan-babi

GIANYAR, NusaBali - Kepala UPT Keswan Wilayah Gianyar Sukawati Blahbatuh Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar drh Nyoman Arya Darma melakukan pemeriksaan kesehatan babi jelang Penampahan Galungan, Minggu (30/7). Pemeriksaan dilakukan dua tahap. Pertama babi dalam keadaan hidup, kedua daging babi dan jeroan setelah pemotongan.

drh Arya Darma menjelaskan, pemeriksaan kesehatan babi penting dilakukan untuk memastikan daging yang dijadikan lawar dan sejenisnya aman dari kontaminasi bakteri atau virus.

UPT Keswan telah memantau sejumlah peternak babi di wilayah kerjanya. Di antaranya Batubulan, Batubulan Kangin, Medahan, Keramas, Pering, Lebih, Serongga, Abianbase, dan Gianyar. “Secara umum daging babi setelah dipotong menunjukkan tanda-tanda aman dikonsumsi,” jelas drh Arya Darma. 


Dia mewanti-wanti masyarakat agar mengolah daging babi dengan benar. “Daging babi lebih aman dikonsumsi jika dimasak dengan baik dan benar,” tegas drh Arya Darma. 

Pemantauan ini akan berlanjut hingga Selasa (1/8) saat masyarakat Bali serentak memotong daging babi untuk keperluan Hari Raya Galungan. Harga babi hidup menjelang Galungan relatif stabil di kisaran Rp 34.000 sampai Rp 36.000 per 100 Kg. 7 nvi

Komentar