nusabali

Objek Wisata Goa Lawah Makin Dipercantik

  • www.nusabali.com-objek-wisata-goa-lawah-makin-dipercantik
  • www.nusabali.com-objek-wisata-goa-lawah-makin-dipercantik

SEMARAPURA, NusaBali - Objek Wisata Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung makin dipercantik dengan penataan parkir dan pembangunan plaza.

Pembangunan kedua proyek tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta pada Saniscara Umanis Sungsang, Sabtu (29/7). Penataan Parkir Objek Wisata Goa Lawah dengan anggaran Rp 4.279.600.000, pengerjaan selama 160 hari kalender oleh CV Senopati Perkasa. 

Pembangunan Plaza Pengunjung Goa Lawah dengan anggaran Rp 4.073.700.000, masa pengerjaan selama 120 hari kalender oleh CV Nusantara Karya Konstruksi. Kedua proyek tersebut menggunakan DAK (Dana Alokasi Khusus) fisik bidang pariwisata tahun 2023. 


Bupati Suwirta meminta rekanan agar bekerja dengan baik dan menjaga kualitas pekerjaan. Tenaga kerja dengan memanfaatkan warga lokal dan menggunakan bahan-bahan lokal sehingga proyek ini dirasakan manfaatnya oleh warga setempat. “Maksimalkan area parkir ini, jangan dibangun kios baru atau dijadikan tempat berjualan, manfaatkanlah kios-kios yang sudah ada untuk berjualan,” pesan Bupati Suwirta kepada warga.

Sebelumnya sudah ada pembangunan plaza kuliner, kios cinderamata, dan toilet di selatan Pura Goa Lawah dengan DAK fisik 2022 senilai Rp 3,9 miliar. Pembangunan ini mendapat dukungan dari prajuru/pangempon Pura Goa Lawah. Dengan penataan ini lingkungan Goa Lawah semakin asri, tertata rapi, dan pamedek yang tangkil ke Pura Goa Lawah semakin nyaman. Jika tidak ditata, terkesan kumuh, apalagi pada tahun 2015 pernah terjadi kebakaran. 

“Kami sangat mendukung penataan ini,” ujar Kelian Pura Goa Lawah dr Gede Bagus Darmayasa didampingi Bendahara Putu Juliadi, beberapa waktu lalu. 7 wan

Komentar