nusabali

8 Pohon Jati Timpa Rumah Warga Bangle

  • www.nusabali.com-8-pohon-jati-timpa-rumah-warga-bangle

AMLAPURA, NusaBali - Rumah milik I Wayan Sudastra,50, di Banjar Bunutan, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem, Kamis (27/7) pukul 22.00 Wita, tertimpa pohon jati dengan panjang 12-meter berdiameter 15 cm. Akibatnya, rumah rusak di bagian atap, terutama genteng jatuh berserakan. Kerugian diperkirakan Rp 5 juta.

Perbekel Bunutan I Gede Suparwata melaporkan kejadian tersebut ke petugas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem. Selanjutnya, empat petugas dengan membawa dua chainsaw untuk menangani pohon itu, Jumat (28/7) pukul 09.00 Wita.

Keempat petugas tersebut, Sumadi, I Nengah Dudiarta, I Made Sudira, dan I Gusti Putu Telaga. Usai penanganan, petugas menyerahkan bantuan berupa, matras, sabun mandi, sembako tas siaga, dan sarung. "Warga yang jadi korban bencana ini dari Banjar Bangle. Tapi, tinggalnya di Banjar Bunutan. Pohon jati yang tumbang karena bagian akarnya lapuk," jelas Perbekel Bunutan I Gede Suparwata.

Petugas, katanya, telah memotong dahan dan batang pohon Jati yang sebelumnya melintang di atas bangunan. Petugas juga membersihkan genteng-genteng yang berserakan. Bangunan tersebut semi permanen, bertembok batako dan diplester. Bangunan tertimpa pohon Jati dari bagian belakang. Hadir membantu evakuasi, anggota Bhabinkamtibmas Desa Bunutan Aiptu I Nyoman Sujana dan anggota Babinsa Desa Bunutan Serda I Nyoman Wardi.

Kelian Banjar Bangle I Made Sukama membenarkan korban adalah warga Banjar Bangle, berKTP Banjar Bangle, namun tinggal di Banjar Bunutan. Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa mengatakan penanganan pohon tumbang di Banjar Bunutan, sekaligus petugas membawakan bantuan.7k16

Komentar