nusabali

6 Ruas Jalan Kabupaten di Bunutan Rusak Berat

  • www.nusabali.com-6-ruas-jalan-kabupaten-di-bunutan-rusak-berat

AMLAPURA, NusaBali - Perbekel Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem I Gede Suparwata mengatakan ada enam ruas jalan kabupaten di desa ini, rusak berat.

Kondisi jalan ini telah beberapa kali masuk usulan melalui Musrenbangdes (Musyawarah Rencana Pembangunan Desa) ke Musrenbangda Kabupaten Karangasem. Namun, belum juga dapat anggaran perbaikan.

"Saya sudah beberapa kali mengusulkan agar dapat anggaran peningkatan kualitas jalan, melalui Musrenbangda. Kenyataannya, belum ada realisasi," jelas Suparwata kepada NusaBali di Amlapura, Kamis (27/7).

Dia membeberkan, jalan rusak berat itu yakni jalan lingkar Banjar Cangwang, jalan menuju SMPN 3 Abang di Banjar Bunutan, jalan menuju SDN 4 Bunutan, satu jalur dengan jalan menuju Puskesmas Pembantu Desa Bunutan. Jalan ini juga untuk menuju Bale Banjar Bunutan yang merupakan jalur nelayan dan Objek Wisata Bunutan. 

Jalan lingkar Banjar Aas, jalur Banjar Batukeseni menuju Mata Air Toya Mambing dan Banjar Kusambi menuju parkir Batu Pilpil. "Hujan lebat belakangan ini memperparah kerusakan akses jalan di beberapa ruas," tambah Suparwata.


Salah seorang warga Banjar/Desa Bunutan, I Made Suardika mengatakan akses jalan menuju SDN 4 Bunutan yang merupakan satu jalur ke Puskesmas Pembantu Desa Bunutan, pertama kali diaspal tahun 1998. "Sejak tahun 1998, tidak lagi ada perbaikan jalan ini," jelas Suardika.

Rekannya, I Gede Ekajaya dari Banjar Bunutan, juga membenarkan kenyataan itu. "Ini jalur objek wisata dan juga jalur nelayan, telah lama rusak," jelas Ekajaya. Jalan ini kian rusak, jelas Ekajaya, karena cukup lama tidak ada perbaikan. Penyebab kerusakan lainnya, hujan lebat, terkadang air laut naik sampai ke jalan raya.

Pelaku pariwisata dari Banjar Bangle, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, I Nyoman Diri menyayangkan kondisi jalan rusak di kampungnya yang cukup lama. Jalan rusak itu, bukan hanya akses menuju sekolah, juga akses nelayan dan objek wisata. ‘’Jalan rusak di sini jadi jualan politik. Janji-janji perbaikan akan muncul saat kampanye, selanjutnya terlupakan, begitu yang saya rasakan," jelas Diri.

Kepala Bidang Binamarga Dinas PUPR (Pekerja Umum dan Penataan Ruang) Karangasem I Wayan Suratajaya mengatakan, mengenai banyaknya akses jalan yang rusak di Desa Bunutan, Kecamatan Abang, untuk tahun 2023, hanya dua ruas yang dapat anggaran perbaikan. "Kedua ruas jalan itu Banjar Lean menuju Banjar Bangle, dan ruas jalan Desa Bunutan menuju Desa Purwakerti," jelas I Wayan Suratajaya.7k16

Komentar