nusabali

Pegawai Gotong Royong Pasang Ribuan Bendera Merah Putih

  • www.nusabali.com-pegawai-gotong-royong-pasang-ribuan-bendera-merah-putih

GIANYAR, NusaBali - Pegawai dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkab Gianyar ramai-ramai turun ke jalan, Kamis (27/7).

Mereka jalan kaki sambil membawa bendera merah putih yang diikat pada tiang bambu. Masing-masing bambu berisi tulisan OPD. Mereka bergotong royong memasang ribuan bendera merah putih untuk semarakkan HUT ke-78 RI. 

Masing-masing OPD sudah mendapatkan lokasi untuk pemasangan bendera putih. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gianyar, I Dewa Gede Putra Amarta mengatakan, pemasangan bendera merah putih mulai Senin (24/7) hingga 31 Juli 2023. 

“Pemkab Gianyar lebih awal memasang bendera merah putih karena menjelang Hari Raya Galungan. Kesibukan menyambut Galungan akan menyita waktu para pegawai,” jelas Dewa Amarta. Pemasangan bendera merah putih di sepanjang jalan Kota Gianyar oleh pegawai ASN maupun non ASN sesuai Surat Menteri Dalam Negeri tentang pembagian bendera merah putih tahun 2023.


Pengadaan bendera dan aksesoris lainnya dengan dana swadaya dari ASN masing-masing OPD. Ukuran bendera dan tiang yang dipasang yakni 80 cm x 120 cm, tinggi tiang 4-meter dengan jarak pasang antar bendera 4 meter. Pemasangan memperhatikan estetika, keamanan, ketertiban, dan kenyamanan lingkungan sekitar. “Pemasangannya tidak menempel di pohon, tanaman taman kota ataupun rambu-rambu lalu lintas,” tegas Dewa Amarta.

Pemasangan bendera di sejumlah titik, mulai batas taman kota sampai jembatan Desa Bitera. Keliling area Pasar Rakyat Gianyar, alun-alun kota hingga RSU Famili Husada. Area luar Taman Makam Pahlawan Kreta Kirtya Mandala, batas taman kota sampai Patung Kapten I Wayan Dipta (Jl Dharma Giri). Area taman kota Gianyar, area jalan protokol, dan area depan kantor/OPD masing-masing. 

“Target ditetapkan 5.600 termasuk seluruh desa/kelurahan, banjar dan toko-toko yang ada di Kabupaten Gianyar,” jelas Dewa Amarta. 7 nvi

Komentar