nusabali

3.578 Pangkalan Elpiji 3 Kg Dioperasikan di Bali, Tiap Desa Minimal Punya 1 Pangkalan

  • www.nusabali.com-3578-pangkalan-elpiji-3-kg-dioperasikan-di-bali-tiap-desa-minimal-punya-1-pangkalan

DENPASAR, NusaBali.com – Menyusul program subsidi tepat yang diluncurkan pemerintah, sebanyak 3.578 pangkalan elpiji 3 kilogram dioperasikan di Bali. Pertamina pun menjamin setiap desa di Bali memiliki minimal 1 pangkalan.

”Kami mengimbau agar masyarakat membeli elpiji langsung di Pangkalan Resmi Elpiji 3 kg,” kata Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Jatimbalinus Ahad Rahedi, Kamis (27/7/2023).

Saat ini, kata Ahad Rahedi, pemerintah sedang melaksanakan program subsidi tepat elpiji  dimana dalam program tersebut Pangkalan Elpiji 3kg difungsikan sebagai lembaga penyalur tingkat akhir yang melayani konsumen individu secara langsung dan tidak mengutamakan pengecer atau pemborong. 

“Tujuannya agar warga yang berhak terjamin mendapatkan elpiji 3 kg sesuai dengan harga eceran tertinggi. Karena kalau di pengecer tidak ada yg bisa mengontrol penggunaannya untuk konsumen yang ditentukan,” terang Ahad Rahedi. 

Ahad mengingatkan berdasarkan KepMen ESDM Nomor 37.K/ MC.01/MEM.M/2023, konsumsi elpiji 3 kg diperuntukkan ubagi 4 golongan spesifik yaitu Rumah Tangga Prasejahtera, Nelayan Sasaran, Petani Sasaran dan UMKM.

Untuk mendukung program subsidi tepat itulah dilaksanakan program One Village One Outlet (OVOO). “Pertamina menjamin setiap desa di Provinsi Bali memiliki pangkalan minimal 1. Dengan rata-rata sebaran pangkalan ada 4 pangkalan di masing-masing desa,” ujarnya. 

Secara keseluruhan, jumlah pangkalan ini mencapai kurang lebih sebanyak 3.578 pangkalan di seluruh kota/kabupaten di Bali. 

Selain itu Pertamina terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah dan bekerja sama dengan Aparat Penegak Hukum untuk mengantisipasi penyalahgunaan elpiji subsidi 3 kg serta mempercepat registrasi atau pendaftaran program subsidi tepat sasaran LPG, sehingga penyalurannya bisa lebih tepat sasaran. 

“Untuk mengetahui lokasi pangkalan terdekat masyarakat dapat menghubungi Call Center Pertamina 135,” jelas Ahad.
 
Lewat call center ini, disediakan pula informasi tentang ketersediaan elpiji 3 kg di pangkalan resmi di sekitar wilayah domisili. Bahkan masyarakat dipersilakan menginformasikan penyalahgunaan elpiji 3 kg bagi oleh pihak yang tidak berhak.

Komentar