nusabali

29 Peserta Meriahkan Lomba Jukung Festival Pesona Bahari

  • www.nusabali.com-29-peserta-meriahkan-lomba-jukung-festival-pesona-bahari

AMLAPURA, NusaBali - 29 peserta mengikuti Lomba Jukung serangkaian Festival Pesona Bahari 2023, di Pantai Banjar/Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem, Rabu (26/7) pukul 10.00 Wita. Start dan finish di pantai setempat.

Teknis lomba, para peserta berlayar selama dua jam ke arah selatan, melintasi perairan Banjar Gili Selang, Desa Seraya Timur, Kecamatan Karangasem. Dari titik itu, mereka kembali ke lokasi semula, sejauh sekitar 10-kilometer, finish pukul 12.00 Wita. 29 peserta mulai start dan saat finish disambut tabuh Baleganjur, serta riuh tepuk tangan masyarakat nelayan.

Ketua Panitia I Wayan Dolpo mengatakan, Lomba Jukung tersebut merupakan yang keduakalinya. Tujuannya, untuk memberikan kesempatan kepada para nelayan adu keterampilan berlomba menggunakan layar dengan memanfaatkan hembusan angin. Di samping itu, lomba ini untuk memberikan hiburan kepada masyarakat nelayan yang saat ini kebetulan sepi tangkapan ikan. ‘’Oleh karena itu, para peserta lomba selain berlomba juga bisa berrekreasi,’’ ujarnya.

Lomba jukung tersebut juga menjadi daya tarik wisatawan yang kebetulan berlibur di sejumlah objek wisata di Karangasem, dan sekitarnya.

Foto: Para pemenang Lomba Jukung Festival Pesona Bahari, di Pantai Banjar/Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem, Rabu (26/7). -NANTRA

Para pemenang, kata Wayan Dolpo, mendapatkan hadiah uang tunai, juara I Rp 4 juta, juara II 3,5 juta, juara III 3 juta, juara IV Rp 2,5 juta, dan juara V Rp 2 juta. “Hadiah ini untuk memotivasi nelayan, agar tahun depan lebih bersemangat berpartisipasi. Mereka juga agar aktif menjaga perairan sehingga terbebas dari aksi pengeboman ikan,” jelasnya.

Pelaku pariwisata setempat I Nyoman Diri mengapresiasi lomba itu. Karena, bukan saja menjadi daya pikat pengunjung lokal, lomba ini juga menarik minat wisatawan manca negara. Terlebih lagi, lomba jukung terbilang langka dan hanya nelayan berpengalaman yang mampu ambil bagian  dalam lomba itu. ‘’Apalagi, dalam lomba jukung ini hanya menggunakan layar dengan memanfaatkan hembusan angin. Hanya nelayan yang terampil bisa  menata gerak jukung dengan layah,” jelas Diri.

Juara I diraih I Kadek Ukir dari Banjar Bunutan, Desa Bunutan, Kecamatan Abang. Juara II I Kadek Bono dari Banjar Bunutan, juara III I Made Suparta dari Banjar Muntig, Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, juara IV I Komang Tama dari Banjar Bunutan, Desa Bunutan, dan juara V I Nyoman Niti dari Banjar Bunutan, Desa Bunutan. "Lumayan dapat hadiah, di saat sepi tangkapan ikan," ujar I Kadek Bono peraih juara II dengan hadiah Rp 3,5 juta.

Di samping itu, di akhir acara juga ada hadiah khusus bagi peserta lomba yang memenangkan undian berupa uang tunai. Ketua Panitia I Wayan Dolpo berjanji akan mengadakan lomba ketiga tahun 2024. Lomba akan digelar lebih meriah dengan peserta lebih banyak.7k16

Komentar