nusabali

Gelombang Laut di Perairan Nusa Dua hingga 3,5 Meter

  • www.nusabali.com-gelombang-laut-di-perairan-nusa-dua-hingga-35-meter

MANGUPURA, NusaBali - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar meminta masyarakat mewaspadai potensi gelombang tinggi mencapai hingga 3,5 meter di sejumlah kawasan wisata di Bali hingga Rabu (26/7) besok.

Kawasan wisatawan yang perlu diwaspadai yakni di perairan Nusa Dua, Kabupaten Badung, mencapai hingga 3,5 meter. Kemudian kawasan wisata Tanah Lot di Kabupaten Tabanan, gelombang tinggi diperkirakan hingga 3 meter.

“Peningkatan kecepatan angin mendorong tinggi gelombang di perairan utara dan selatan Bali, kata Kepala BBMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho di Denpasar, Senin (24/7) seperti dilansir Antara.

Selain itu, wilayah lain yang juga perlu diantisipasi yakni di kawasan wisata Kuta, Kabupaten Badung, gelombang tinggi diperkirakan hingga 2,5 meter. Sedangkan di kawasan Sanur, Denpasar, diperkirakan ketinggian gelombang mencapai hingga 2 meter.

Ketinggian gelombang juga diprediksi mencapai 4 meter di Laut Bali, yang berbatasan dengan Kabupaten Buleleng di Bali Utara.

Masih menurut Cahyo Nugroho, berdasarkan hasil pengamatan kecepatan angin mencapai hingga 40 kilometer per jam atau 21,5 knot yang bergerak dari arah timur-tenggara. Pergerakan arah angin itu berasal dari Benua Australia yang konstan menuju daratan Asia atau disebut angin timuran, seiring perkiraan musim kemarau di Bali pada Juli-Agustus 2023.

Kondisi angin dan gelombang laut yang berisiko tinggi terhadap keselamatan berlayar, yakni perahu nelayan apabila kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter. Kapal tongkang, apabila kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter, dan kapal ferry apabila kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter. 7 ant

Komentar