nusabali

Kuota 850 Beasiswa Diperebutkan 990 Mahasiswa

  • www.nusabali.com-kuota-850-beasiswa-diperebutkan-990-mahasiswa
  • www.nusabali.com-kuota-850-beasiswa-diperebutkan-990-mahasiswa

NEGARA, NusaBali - Jumlah pendaftar calon penerima dana penghargaan atau beasiswa mahasiswa berprestasi asal Kabupaten Jembrana pada Semester I Tahun Anggaran 2023, melebihi kuota.

Dalam masa pendaftaran dan penyerahan berkas yang telah ditutup pada Selasa (18/7), tercatat jumlah pendaftar yang dinyatakan memenuhi syarat mencapai 990 orang. Sementara kuota yang disediakan sebanyak 850 beasiswa.

Sesuai data yang diterima NusaBali, sebenarnya ada 1.017 mahasiswa yang sempat mengajukan permohonan atau pendaftaran sebagai online lewat Sistem Informasi Beasiswa Jembrana (SIBAJA). Namun dari 1.017 orang itu, ada 27 pendaftar yang gugur karena tidak melengkapi berkas pendaftaran atau tidak memenuhi syarat. 

"Jadi pemohon (pendaftar) yang sudah memenuhi syarat berjumlah 990 orang. Melebihi sebanyak 140 orang dari kuota 850 beasiswa," ujar Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikpora) Jembrana I Gusti Putu Anom Saputra, Jumat (21/7).

Anom menjelaskan, karena jumlah pendaftar yang memenuhi syarat melebihi jumlah kuota yang disediakan, akan dilakukan perangkingan berdasar nilai Indeks Prestasi (IP) para calon penerima. Jika nantinya ada kesamaan nilai IP pada urutan rangking terkecil atau terbawah, maka akan dirangking berdasar semester yang lebih tinggi. 

"Kalau nanti terjadi kesamaan nilai IP dan semester yang sama, nanti akan dirangking berdasar nomor urut pendaftaran. Jadi tidak ada sisa kuota. Nanti tetap ada sebanyak 850 penerima," ucap Anom yang mantan Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jembrana ini. 

Saat ini, Anom mengaku masih melakukan perangkingan untuk menentukan 850 mahasiswa penerima beasiswa pada Semester I Tahun Anggaran 2023 ini. Rencanya, untuk pengumuman maupun pencairan dana beasiswa sebesar Rp 3 juta kepada masing-masing penerima itu, ditargetkan sudah dilaksanakan pada akhir bulan Juli ini atau paling lambat bulan Agustus. 7ode

Komentar