nusabali

Paskibraka Buleleng Mulai Digembleng

  • www.nusabali.com-paskibraka-buleleng-mulai-digembleng

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak 73 siswa yang disiapkan sebagai petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) mulai menjalani latihan di Lapangan Ngurah Rai, Singaraja, Kamis (20/7).

Mereka dipersiapkan untuk mengibarkan bendera merah putih, pada upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023 pada 17 Agustus mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng, Made Astika mengatakan dari 73 anggota Paskibraka tersebut, dibagi menjadi tiga pasukan. Yakni pasukan delapan, tujuh belas, dan pasukan empat lima. Pasukan tersebut, dilatih oleh pelatih dari TNI dan Polri yang memberikan materi dasar Pelatihan Baris Berbaris (PBB).

Mereka dilatih mengenai sikap sempurna, jalan di tempat, penghormatan, serta pelatihan PBB lainnya. Selain PBB, pelatihan juga difokuskan pada kekompakan peserta Paskibra. Mereka diharapkan mampu, menunjukan kualitas sebagai orang yang terpilih dalam kepesertaan Paskibra.

"Proses pelatihan yang dijalani peserta ini, untuk memantapkan ketahanan fisik maupun kesiapan mental. Untuk suksesnya tugas pengibaran dan penurunan bendera merah putih pada peringatan HUT RI ke-78 di Buleleng," ujar Astika.

Ia menambahkan, sebanyak empat orang anggota Paskibraka Buleleng juga dikirim untuk mengikuti latihan di Provinsi, yalni dua orang putra dan dua putri. Latihan ini akan dilakukan hingga 17 Agustus 2023 mendatang. Peserta yang mengikuti latihan diharapkan berlatih dengan sungguh-sungguh, tekun, dan serius.

Mereka diminta untuk mengikuti pesan dan instruksi pelatih. Selain itu, peserta juga diharapkan bisa menjaga kekompakan sebagai sebuah tim. Hal itu, untuk memberikan hasil yang maksimal pada hari pelaksanaannya nanti.

"Berlatih dengan sungguh-sungguh, tekun dan serius. Kami minta ikuti semua pesan dan instruksi pelatih. Jaga kedisiplinan, perhatikan kesehatan dan tetap jaga kekompakan sehingga nantinya bisa melaksanakan tugas dengan baik," pesannya.7mzk

Komentar