nusabali

Dirtek Timnas Bukan Joachim Low

  • www.nusabali.com-dirtek-timnas-bukan-joachim-low

JAKARTA, NusaBali - Gosip eks pelatih Timnas Jerman Joachim Low akan didapuk menjadi Direktur Teknik (Dirtek) Timnas tidak akan terwujud. Spekulasi ini dimentahkan oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

"Salah besar. Saya rasa tentu maunya sebesar itu, tetapi kan dari ranking 150 ditarget (ranking) 100 dalam jangka pendek. Tentu juga image sepak bola Indonesia juga kurang bagus. Banyak sekali gaji telat, banyak juga perlindungan pemain tidak jelas, pelatih juga," ucap Erick dikutip CNN Indonesia.

Erick mengatakan PSSI memiliki keinginan untuk bisa mendatangkan pelatih sekelas Low. Namun, ia memastikan Timnas Indonesia harus berada di posisi yang lebih baik.

"Jadi kalau kita ingin menarik pelatih sekelas itu, kita bagus dulu. Tetapi Dirtek yang akan kita datangin untuk mendampingi juga bagus. Nanti saja diumumkan kalau sudah waktunya," katanya.

Pria yang juga menjabat Menteri BUMN itu mengungkapkan kriteria Direktur Teknik yang dibutuhkan oleh PSSI. Faktor pentingnya adalah sosok yang berpengalaman. "Kita mau Direktur Teknik ini punya pengalaman besar sehingga bisa berdiskusi dengan Shin Tae Yong dan juga Indra Sjafri, sekalian juga menyiapkan program bagaimana melatih seluruh pelatih di Indonesia. Karena itu ini nanti didampingi pelatih muda yang bisa men-training pelatih di seluruh Indonesia," ujar Erick.

"Jadi Direktur Teknik fokus kepada tim nasional bagaimana rencana kultur sepakbola Indonesia, tetapi standardisasi para pelatih Indonesia, ada khusus pelatihnya," ucap Erick.

Low sudah tidak melatih sejak meninggalkan Timnas Jerman pada 2021. Low adalah pelatih yang membawa Timnas Jerman juara Piala Dunia 2014.7

Komentar