nusabali

Undiksha Buka Seleksi CBT Mahasiswa Jalur Mandiri

  • www.nusabali.com-undiksha-buka-seleksi-cbt-mahasiswa-jalur-mandiri

SINGARAJA, NusaBali - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja membuka seleksi jalur mandiri Computer Based Test (CBT) untuk penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024.

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 15 Juli hingga 21 Juli 2023. Kesempatan ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh calon mahasiswa yang belum berkesempatan mengikuti seleksi pada jalur sebelumnya.

Jalur ini dibuka untuk sebagian besar program studi untuk jenjang D-III, D-IV, dan S1. Prodi yang tidak dibuka terdiri atas Prodi Kedokteran, Prodi Keperawatan, Prodi Kebidanan (S1), Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), dan Prodi Sistem Informasi. Lima prodi yang tidak dibuka dalam seleksi ini karena telah memenuhi daya tampung dari seleksi penerimaan sebelumnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha, Prof Dr Gede Rasben Dantes ST MTI menjelaskan, program studi yang dibuka untuk penerimaan mahasiswa melalui jalur mandiri CBT karena masih memiliki kuota daya tampung. Untuk daya tampung seluruh prodi yang dibuka dalam seleksi ini sebanyak 1.443 orang.

"Dari sisa kuota tersebut, diputuskan bahwa akan dibuka jalur mandiri melalui tes, Computer Based Test (CBT) yang pendaftarannya dimulai dari tanggal 15 Juli sampai 21 Juli 2023," jelasnya, Minggu (16/7) di Buleleng.

Adapun pendaftaran dilakukan secara daring melalui laman https://penerimaan.undiksha.ac.id/. Pendaftar jalur ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK/se-Derajat lima tahun terakhir. "Jadi (lulusan dari tahun 2019-2023 bisa mendaftar di beberapa prodi yang kita buka," imbuh Prof Dantes.

Seleksi jalur mandiri CBT ini akan berlangsung dari tanggal 22 hingga 24 Juli 2023. Kemudian pada 24 Juli, dilaksanakan seleksi keterampilan untuk program studi tertentu atau yang mengisyaratkan. Kelulusan peserta akan diumumkan pada 25 Juli 2023.

Prof Dantes menyampaikan, seleksi ini dilaksanakan langsung di Kampus Undiksha. Peserta akan mengikuti tes terkait kompetensi akademik dan tes kemampuan bidang bagi peserta yang memilih bidang sosial humaniora (Soshum). Jika terkait saintek, akan mengikuti tes sains teknologi (Saintek). Selain itu juga ada tes campuran bagi peserta yang memilih prodi Soshum dan Saintek.

"Pada saat mahasiswa mendaftar akan diinfokan terkait tanggal tes dan lokasi ujian. Lokasi ujian ada di kampus Undiksha di Jalan Udayana dan Ahmad Yani, Singaraja. Mahasiswa harus datang langsung untuk ikut tes," terangnya.7 mzk

Komentar