nusabali

Satu Calon Petahana Tersingkir

Seleksi Anggota KPU Jembrana

  • www.nusabali.com-satu-calon-petahana-tersingkir

NEGARA, NusaBali - Hal yang cukup mengejutkan terjadi dalam tahapan seleksi anggota KPU Jembrana periode 2023-2028.

Dari dua calon petahana anggota KPU Jembrana yang kembali mengikuti seleksi untuk periode kedua, ada salah satu petahana tersingkir karena gagal lolos tes tertulis dan psikologi. Calon petahana tersebut, Ni Putu Angelia yang saat ini menduduki Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Jembrana.

Hal itu terungkap dari pengumuman Tim Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota di Bali Nomor : 044/TIMSELKABKOT-GEL 6-Pu/03/51-01/2023, tentang Hasil Seleksi Tertulis dan Tes Psikologi Bakal Calon Anggota KPU Kabupaten Badung, Buleleng, Jembrana dan Tabanan periode 2023-2028. 

Untuk KPU Jembrana sendiri, dari 26 orang yang sebelumya mengikuti tes tertulis dan tes psikologi, hanya ada 17 orang yang dinyatakan lulus. Mereka yang lulus dijadwalkan akan melanjutkan tahapan seleksi selanjutnya, yakni tes kesehatan jiwa tertulis, tes kesehatan umum, dan wawancara.

Dari 17 nama calon anggota KPU Jembrana yang dinyatakan lulus tes tertulis dan tes psikologi itu, ternyata hanya ada satu nama calon petahana. Yakni, I Ketut Adi Sanjaya yang saat ini sebagai Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jembrana. Sedangankan Ni Putu Angelia yang sebelumnya diketahui juga mendaftar sebagai anggota KPU Jembrana, tidak ada dalam daftar 17 nama kandidat tersebut.

Saat dikonfirmasi, Minggu (16/7), Angelia alias Angel mengakui bahwa dirinya tersingkir dalam seleksi tertulis dan tes psikologi tersebut. Secara pribadi, dirinya mengaku tentu ada rasa kecewa. Namun dia enegaskan legowo dengan hasil terebut. "Hasil yang diumumkan itu, sudah hasil dari proses profesional oleh tim seleksi. Jadi apapun keputusannya, saya terima," ucap Angel.

Meski gagal lolos seleksi, Angel mengaku, sebagai anggota KPU Jembrana yang masih aktif, tetap akan menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab. Dia mengaku tidak akan meninggalkan tugas ataupun kewajibannya dalam masa bhakti sebagai Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Jembrana yang masih tersisa sekitar tiga bulan. "Tetap kerja sepeti biasa. Kami tetap jalankan tugas dengan maksimal," ujar srikandi KPU Jembrana ini.

Untuk diketahui, bagi para bakal calon anggota KPU Kabupaten Badung, Buleleng, Jembrana dan Tabanan periode 2023-2028 yang telah dinyatakan lulus seleksi tertulis dan tes psikologi, masih akan melanjutkan ke tahap seleksi selanjutnya. Sesuai pengumuman tim seleksi, ada tiga tes untuk tahap seleksi selanjutnya.

Di antaranya, tes kesehatan jiwa tertulis yang akan dilaksanakan di STIKES Kesdam IX/Udayana, Denpasar, Selasa (18/7). Tes kesehatan umum di RSAD Denpasar pada Rabu (19/7) dan Sabtu (22/7). Tes terakhir, wawancara pada Jumat (21/7) hingga Senin (24/7).7ode

Komentar