nusabali

Libur Sekolah Berakhir, Pelabuhan Gilimanuk Lengang

  • www.nusabali.com-libur-sekolah-berakhir-pelabuhan-gilimanuk-lengang

NEGARA, NusaBali - Memasuki akhir libur sekolah di sejumlah wilayah Jawa, Minggu (16/7), situasi penyeberangan di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, tampak lengang.

Tidak ada antrean ataupun kepadatan penumpang, seperti terjadi di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jatim,  saat awal libur panjang, beberapa waktu lalu.

Informasi, Minggu kemarin, situasi yang sama juga terpantau pada Jumat (14/7) dan Sabtu (15/7). Karena belum ada tanda-tanda lonjakan penumpang, pihak otoritas Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk masih memberlakukan pola layanan normal. Jumlah kapal yang dijadwalkan beroperasi 27 unit, dengan rincian 15 unit di Dermaga MB dan 12 unit di Dermaga LCM.

Namun, hingga per Minggu kemarin, hanya 26 kapal yang dioperasikan. Sedangkan satu kapal sapu jagat, yakni KMP Jatra II yang juga masuk jadwal beroperasi di Dermaga MB untuk mengantisipasi lonjakan arus balik liburan dari Bali ke Jawa, sementara belum dioperasikan.

"KMP Jatra II tetap disiagakan. Tetapi karena masih lancar, sementara belum dioperasikan," ujar Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Pelabuhan Gilimanuk I Nyoman Agus Sugiarta, Minggu kemarin.

Agus menjelaskan, jika terjadi kepadatan penumpang, barulah KMP Jatra II dioperasikan. KMP Jatra II yang merupakan kapal perbantuan dari ASDP itu, masih disiagakan di Selat Bali untuk antisipasi kepadatan penumpang terkait penutupan Dermaga Ponton Gilimanuk yang masih dalam proses renovasi untuk peningkatan menjadi Dermaga MB.

Disinggung mengenai cuaca, Agus mengaku bahwa cuaca di Selat Bali dalam beberapa hari ini sudah mulai membaik. Pada Minggu siang kemarin, sempat terpantau cuaca mendung, namun kondisi angin dan perairan terpantau masih kondusif. "Tadi kecepatan angin terpantau sekitar 5-9 knot. Mudah-mudahan cuaca tetap kondusif," ucap Agus.7ode

Komentar