nusabali

Masyarakat Tuban dan Kuta Harapkan Pembangunan TPS3R

  • www.nusabali.com-masyarakat-tuban-dan-kuta-harapkan-pembangunan-tps3r

MANGUPURA, NusaBali - Masyarakat Kelurahan Kuta dan Tuban, Kecamatan Kuta sangat berharap segera dibangun Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) berbasis Reuse, Reduce, dan Recycle (3R).

Sebab hanya dua wilayah tersebut yang belum memiliki TPS3R, sementara wilayah lainnya seperti kelurahan Seminyak, Legian dan Kedonganan sudah beroperasi.

Sekretaris Camat Kuta Made Agus Suantara, mengakui kedua kelurahan, baik Tuban dan Kuta sudah mengajukan pembangunan TPS3R di lahan yang berada di belakang kuburan Padang Seni.

"Untuk usulan itu sudah dilakukan pada tahun lalu. Jadi, sesuai usulan lokasinya berada di lahan kosong yang ada di belakang kuburan Padang Seni," katanya belum lama ini.

Suantara juga tidak memungkiri untuk mendapatkan lahan di wilayah pariwisata Kuta bukanlah hal yang mudah. Terlebih lahan itu dimanfaatkan sebagai tempat membangun TPS3R. Namun, dia berharap pengadaan TPS3R itu ke depan dapat dilaksanakan, sehingga semua kelurahan di Kuta memiliki tempat pengelolaan sampah secara mandiri.

"Kedonganan, Legian dan Seminyak sudah punya semua (TPS3R). Makanya masyarakat Tuban dan Kuta sangat mengharapkan keberadaan TPS3R," ujarnya.

Sementara, Lurah Kuta Putu Dedik Ardi Ardiana, membenarkan lahan yang diajukan sebagai tempat pembangunan TPS3R Kuta berlokasi di belakang kuburan Padang Seni. Pengajuan sudah dilakukan sebelumnya, ketika Lurah Kuta dijabat oleh Ketut Suwana. Sayangnya, kata dia, hingga sekarang belum ada informasi kelanjutannya seperti apa.

"Sudah diajukan Lurah sebelum saya. Kalau progresnya belum tahu. Namun, kami di Kuta sangat berharap adanya TPS3R," harapnya.

Hal senada juga diungkapkan Lurah Tuban I Dewa Gede Saka. Pengadaan pembangunan TPS3R di wilayah Tuban telah diajukan melalui pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Namun hingga saat ini belum mendapat informasi perkembangannya dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Badung.

"Ya, saya berharap agar tahun depan usulan tersebut benar-benar bisa terealisasi. Untuk lahan yang kita usulkan itu di belakang kuburan Padang Seni. Sisi utaranya itu masuk wilayah Kuta, sementara Tuban itu di selatannya," ucapnya.

Kabid Pengelolaan Kebersihan dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Badung AA Gede Agung Dalem, saat dikonfirmasi Jumat (14/7), mengatakan tak banyak memberikan komentar terkait usulan pembangunan TPS3R di Kelurahan Kuta dan Tuban. Sebab, ini menyangkut kesiapan lahan untuk dijadikan lokasi pembangunan TPS3R. "Coba koordinasi ke Dinas PUPR," pintanya.

Di sisi lain, yang saat ini sedang proses dibangun oleh Tim Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bali yang lahannya sudah dikuasai, melalui usulan Dinas LHK Badung, yakni di Desa Bongkasa Pertiwi, Sangeh, Sedang, dan Kelurahan Sempidi. "Yang lain belum ada yang lahannya siap (hitam di atas putih)," kata Gung Dalem. 7 dar, asa

Komentar