nusabali

Permudah Monitoring, Singaraja Tambah 3 Titik CCTV

  • www.nusabali.com-permudah-monitoring-singaraja-tambah-3-titik-cctv

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak tiga unit CCTV akan dipasang di beberapa titik daerah Kota Singaraja. Kamera pemantau ini ditambahkan oleh Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfo Santi) Buleleng untuk mempermudah monitoring aktivitas di lokasi yang memang memerlukan pengawasan.

Tiga titik lokasi yang akan dilengkapi CCTV yakni di Taman Kota Singaraja, Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bung Karno dan di Jalan Diponegoro kawasan Pasar Anyar Buleleng. Saat ini CCTV di daerah Kota Singaraja baru terpasang 6 unit. Dua diantaranya di tugu Singa Ambara Raja, 2 unit diRTH Yowana Asri, 1 unit di Pasar Buleleng dan 1 unit di simpang empat Jalan Udayana-Ngurah Rai.

Kepala Diskominfo Santi Buleleng Ketut Suwarmawan, Rabu (12/7), menjelaskan ketersediaan CCTV di kawasan Kota Singaraja memang merupakan salah satu pendukung menuju kota pintar (smart city). Hanya saja CCTV bukan syarat utama yang harus dipenuhi pemerintah untuk menjadi kota pintar.

"Sejauh ini masih sedikit karena fungsi CCTV ini untuk monitoring saja dan bukan prioritas utama. Pemasangan CCTV ini pun dipilih di titik-titik lokasi yang memang memerlukan pengawasan. Seperti di RTH Yowana Asri tempat anak bermain yang memerlukan pengawasan khusus," terang Suwarmawan.

Pejabat asal Kelurahan/Kecamatan Sukasada, Buleleng ini menambahkan, ke depannya pengadaan CCTV di kawasan kota akan dilakukan secara bertahap. Pemerintah juga akan melakukan pendekatan ke perusahaan-perusahaan penyedia jaringan internet untuk membantu penyiapan infrastruktur penunjang CCTV.

"Kalau pasang perangkat saja tetapi pendukung jaringan internetnya belum siap kan rugi juga. Nah secara bertahap nanti akan dilengkapi sebagai bagian mendukung smart city, harus ada command centre juga yang astungkara tahun ini terealisasi," imbuh mantan Kabag Prokopim Setda Buleleng ini.

Sementara itu dalam pengadaan CCTV ini juga dirancang kerja sama antar dinas-dinas terkait dan pihak ketiga termasuk juga pengusaha dan masyarakat. 7k23

Komentar