nusabali

Masyarakat Respon Positif, Pengguna QRIS di Bali 742 Ribu

  • www.nusabali.com-masyarakat-respon-positif-pengguna-qris-di-bali-742-ribu

DENPASAR, NusaBali -Sejak diluncurkan pada tahun 2019, QRIS (Quick Response Code Indonesia Standar) mendapat respons  positif dari masyarakat maupun pelaku usaha termasuk Usaha Mikro (UMI). 

Hal ini tercermin dari komposisi 26 juta pedagang/merchant QRIS,  60 persen diantaranya merupakan UMI.

Demikian pula dengan pertumbuhan merchant QRIS di Bali pada Mei 2023 yang tumbuh 42 persen  (yoy) mencapai 666.733 merchants. Dengan kemudahan penggunaannya, jumlah pengguna QRIS di Bali juga turut meningkat hingga 742.809 , tumbuh 99 persen (yoy) per Mei 2023.

Hal itu disampaikan Plh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali (KPwBI Bali) Gusti Agung (GA) Diah Utari, Selasa (11/7).

“Bank Indonesia secara konsisten melakukan pengembangan standar kualitas layanan dan inovasi, dalam rangka akselerasi penggunaan QRIS,” ucap GA Diah Utari. 

Hal tersebut dilakukan melalui perluasan QRIS Cross Border (lintas negara) dan inovasi QRIS untuk Tarik Tunai, Transfer dan Setor Tunai.

Selanjutnya, dalam rangka menjaga keberlanjutan (sustainability) pengembangan layanan transaksi QRIS untuk masyarakat, Bank Indonesia memberlakukan kebijakan Merchant Discount Rate (MDR), yaitu biaya yang dikenakan oleh penyelenggara jasa sistem pembayaran kepada merchant/pedagang, bukan kepada konsumen.

Pengenaan MDR sebelumnya telah diberlakukan pada seluruh kelompok pedagang yang menggunakan QRIS untuk kepentingan komersial, sedangkan untuk merchant Usaha Mikro (UMI) baru diberlakukan penyesuaian per 1 Juli 2023, yaitu menjadi sebesar sebesar 0,3 persen.

Kebijakan biaya MDR QRIS, lanjut GA Diah Utari tetap mempertimbangkan keberpihakan pada pedagang UMI sehingga MDR yang dikenakan termasuk yang paling rendah dari seluruh segmen pedagang yang dikenakan MDR. Dan  masih lebih efisien dibanding biaya MDR pada metode pembayaran lainnya, misalnya kartu debit maupun kartu kredit yang bisa mencapai 3 persen.

Penyesuaian MDR ini diharapkan  mampu mendorong peningkatan kualitas layanan dan terciptanya efisiensi transaksi sistem pembayaran digital serta perluasan ekonomi keuangan digital di Indonesia, dan khususnya Bali.

Selanjutnya untuk memastikan implementasi kebijakan ini sesuai dengan diharapkan, yaitu tidak dikenakan kepada konsumen melalui tambahan biaya/surcharge. Ditegaskan GA Diah Utari, Bank Indonesia akan melakukan pengawasan melalui Penyedia Jasa Sistem Pembayaran untuk memastikan agar merchant/pedagang yang bekerja sama tidak mengenakan biaya tambahan yang dibebankan kepada konsumen. K17.

Komentar