nusabali

Tabanan Terima 3.000 Dosis Vaksin Rabies

  • www.nusabali.com-tabanan-terima-3000-dosis-vaksin-rabies
  • www.nusabali.com-tabanan-terima-3000-dosis-vaksin-rabies

TABANAN, NusaBali - Dalam upaya mengejar target vaksinasi mencapai 80 persen, Kabupaten Tabanan kembali digelontor 3.000 vaksin rabies untuk anjing. Vaksin tersebut bakal didistribusikan ke tiga Puskeswan di Tabanan.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Tabanan Gde Eka Parta Ariana mengatakan, vaksin didapat dari Provinsi Bali Jumat (7/7). "Sudah diberikan tambahan lagi, vaksin akan diberikan kepada 3 Puskeswan masing-masing 1.000 dosis," jelasnya, Minggu (9/7). 

Menurutnya jika tak ada halangan 3.000 vaksin ini akan habis dieksekusi sekitar seminggu. Dengan sasaran seluruh kecamatan di Tabanan. "Kalau nanti vaksinasi sudah habis, kita kembali mohon ke Provinsi Bali secara berkala," katanya. 

Untuk saat ini, jelas Parta Ariana, capaian vaksinasi di Tabanan sudah mencapai 56,13 persen atau 34.477 dari total populasi HPR (Hewan Penular Rabies) mencapai 62.104 ekor. 

Dia menambahkan sejauh ini zona merah rabies masih 12 desa. Sehingga vaksinasi kepada HPR terutama anjing bakal dikejar. Dia menarget anjing tervaksin mencapai 80 persen pada Agustus mendatang. 

"Sebenarnya kita target vaksinasi tuntas Juni, hanya saja karena vaksin sedikit terdistribusi ke kabupaten, maka  target vaksinasi sedikit molor. Namun Agustus kami targetkan tuntas mencapai 80 persen," tegasnya. 7des

Komentar