nusabali

MPLS SMP Diminta Utamakan Kreativitas

  • www.nusabali.com-mpls-smp-diminta-utamakan-kreativitas
  • www.nusabali.com-mpls-smp-diminta-utamakan-kreativitas
  • www.nusabali.com-mpls-smp-diminta-utamakan-kreativitas

DENPASAR, NusaBali - Pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) untuk jenjang SMP di Kota Denpasar resmi digelar hingga tiga hari ke depan yang dipusatkan di SMPN 14 Denpasar, Jalan WR Supratman, Kesiman, Denpasar Timur, Senin (10/7).

Ditegaskan, MPLS untuk menjadi ajang mengasah kreativitas siswa, bukan ajang hukum menghukum atau perpeloncoan.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar Anak Agung Gede Wiratama, mengatakan MPLS ini digelar untuk siswa baru SMP negeri maupun swasta. MPLS ini untuk menggali potensi diri siswa, bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolah, keamanan, fasilitas umum, sarana dan prasarana serta warga sekolah.

MPLS digelar tiga hari pada 10 - 12 Juli 2023 dan dilanjutkan dengan bakti sosial di lingkungan sekolah pada 13 Juli 2023. "Pelaksanaannya disesuaikan dengan mental dan psikologis siswa, untuk menjembatani siswa mengetahui lingkungan sekolahnya yang baru. Juga menumbuhkan motivasi, semangat, kejujuran, kemandirian, rasa saling menghargai serta hidup bersih dan sehat," kata Agung Wiratama.


Walikota Denpasar IGN Jaya Negara mengatakan, siswa harus disiapkan untuk melahirkan generasi emas dan unggul tahun 2045. Selain itu, kolaborasi dan inovasi dalam dunia pendidikan juga menjadi satu tantangan untuk menerapkan Merdeka Belajar. "Tantangan kami adalah kolaborasi, inovasi, dan kreativitas di dunia pendidikan harus kami lakukan dengan terus melakukan perbaikan," ujarnya.

Terkait dengan pelaksanaan MPLS ini, pihaknya meminta agar lebih diutamakan kreativitas dan sifatnya mendidik. "Tidak ada lagi istilah hukum menghukum dan kami memang sudah sampaikan ke sekolah-sekolah. Apalagi sekarang siswa sudah cerdas dan melek teknologi," tandas Walikota Jaya Negara. 7 mis

Komentar