nusabali

Bali Juarai Jumbara Nasional IX Lampung Selatan

  • www.nusabali.com-bali-juarai-jumbara-nasional-ix-lampung-selatan

BANDAR LAMPUNG, NusaBali.com - Kontingen Palang Merah Remaja (PMR) PMI Provinsi Bali berhasil menjuarai ajang Jumpa, Bakti, dan Gembira (Jumbara) Nasional IX Tahun 2023 di Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung pada Minggu (9/7/2023).

Keberhasilan 36 PMR Mula, Madya, dan Wira pada ajang lima tahunan PMI ini mengantarkan Bali untuk mempertahankan gelar predikat terbaik dari Jumbara VIII pada 2016 silam di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan.

Para PMR binaan PMI Bali mampu tampil maksimal untuk bersaing dan bersahabat di antara 3.429 PMR dari seluruh provinsi di tanah air. Pencapaian PMR PMI Bali ini mengukuhkan Pulau Dewata sebagai parameter pola pembinaan kepalangmerahan nasional.

Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan sekaligus Ketua Kontingen PMI Bali I Nyoman Puasha Aryana mengungkapkan, hasil yang diraih merupakan bayaran lunas dari usaha para duta Bali. Termasuk pula tim peninjau dan pendukung serta pembentukan para duta sejak proses seleksi hingga training center.

"Raihan Peringkat 1 untuk PMR PMI Bali ini membuktikan usaha memang tidak mengkhianati hasil," beber Puasha di sela penutupan Jumbara Nasional IX Lampung Selatan pada Minggu pagi.

Salah satu PMR PMI Bali yang berprestasi di ajang ini adalah Sang Ayu Shohan Aprilia Yasa dari tingkat PMR Wira. Shohan turun di tiga kategori yakni Youth Action, Bakti Sebaya, dan Youth Collaboration. Siswi SMA ini mengaku bangga karena telah melalui proses panjang bersama PMI Bali.

"Sudah mencurahkan yang terbaik untuk kontingen Bali dan terharu karena perjuangan tidak sia-sia sampai akhirnya kami diumumkan meraih predikat terbaik," ujar Shohan terlihat berkaca-kaca.

Sementara itu, Ketua PMI Provinsi Lampung Riana Sari Arinal mengapresiasi keberhasilan penyelenggaraan Jumbara Nasional IX selama kurang lebih sepekan ke belakang. Istri Gubernur Lampung ini berharap kegiatan yang telah dilakukan dapat membangun solidaritas dan jiwa kemanusiaan para penerus Henry Dunant.

"Semoga kegiatan Jumbara Nasional IX di bumi Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung ini meninggalkan kesan yang baik kepada panitia dan peserta Jumbara," tutur Riana saat menutup gelaran.

Sebagai upacara perpisahan, beberapa kesenian lokal pun ditampilkan seperti Tari Kiamat dan Tari Lampung Selatan Ku. Sementara, para kontingen dari seluruh pelosok tanah air mulai meninggalkan lokasi Jumbara di Taman Agrowisata Way Handak. *rat

Komentar