nusabali

PLN Beri Imbauan Hadapi Cuaca Ekstrem

  • www.nusabali.com-pln-beri-imbauan-hadapi-cuaca-ekstrem

Masyarakat yang rumahnya mengalami kebanjiran diharap segera mematikan MCB untuk mencegah hubungan arus pendek.

DENPASAR, NusaBali - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali mengimbau kepada masyarakat Bali untuk aktif melaporkan potensi maupun gangguan kelistrikan saat cuaca ekstrem, hujan disertai angin seperti terjadi selama beberapa hari terakhir.

"Kami imbau kepada masyarakat kalau ada hal-hal yang berpotensi misalnya pohon yang mendekati jaringan, atau berpotensi pohon itu roboh menimpa jaringan, mohon diinformasikan ke tim kami di PLN terdekat sehingga kami bisa secepatnya melakukan perabasan," kata Manajer Komunikasi PT PLN (Persero) UID Bali I Made Arya, di Denpasar, Sabtu (8/7).

Arya mengatakan dari sisi supply, pasokan listrik di Bali saat ini berada dalam taraf sangat mencukupi, bahkan lebih (oversupply). Namun demikian, di sisi penggunaan akan terkendala jika terjadi kerusakan jaringan yang diakibatkan oleh berbagai faktor seperti misalnya pohon tumbang akibat cuaca ekstrem.

Arya mengatakan informasi dari masyarakat sangat dibutuhkan mengingat petugas PLN tidak selalu ada di setiap sudut lokasi untuk memantau jaringan kelistrikan. Pada kondisi tidak normal, masyarakat diminta proaktif untuk melaporkan gangguan melalui kantor PLN terdekat atau melalui PLN mobile agar perbaikan jaringan yang rusak tidak membutuhkan waktu yang lama.

Arya juga mengingatkan masyarakat yang rumahnya mengalami kebanjiran untuk segera mematikan MCB untuk mencegah hubungan arus pendek yang bisa berakibat fatal. MCB merupakan pengganti sekring yang merupakan singkatan dari miniature circuit breaker.

Selain pohon tumbang, faktor lain yang berpotensi mengganggu jaringan kelistrikan di Bali adalah layangan. Layang-layang dari berbagai ukuran bisa memacu gangguan kelistrikan dan telah terjadi beberapa kasus di Bali.

"Musim layangan dan penghujan dua gabungan berpotensi lebih besar, layangan di atas kena hujan, kena embun lalu jatuh di jaringan listrik. Jadi, mohon perhatian untuk memainkan layangan jauh dari jaringan listrik," kata Arya.

Arya memastikan personel PLN selalu bersiaga di lapangan untuk menjaga pasokan listrik tetap aman. 7 ant

Komentar