nusabali

Arsenal Era Arteta Belanja Rp 11 Triliun

  • www.nusabali.com-arsenal-era-arteta-belanja-rp-11-triliun

LONDON, NusaBali - Arsenal di era Mikel Arteta telah menghabiskan Rp 11,3 triliun untuk belanja pemain. Arteta sendiri menjabat manajer Arsenal sejak 2019, dan kontraknya sampai musim panas 2025.

Ya, Arteta adalah eks pemain Arsenal yang dihormati, sempat mengemban tugas sebagai kapten. Dalam penanganan Arteta, The Gunners sudah menangi gelar Piala FA.

Dilaporkan detikSport, Arsenal di era Mikel Arteta tercatat membakar uang sebanyak 591 juta Pounds atau setara Rp 11,3 triliun. Uang itu untuk mengangkut tak kurang dari 20 pemain. Plus, termasuk harga Declan Rice yang mencapai 105 juta pounds dan kabarnya tinggal selangkah lagi bergabung.

Meski begitu, tak selamanya bisnis pembelian pemain Arsenal berjalan mulus. Ada  beberapa pemain yang dibeli malah meredup. Rekor pembelian Arsenal termahal di era Arteta adalah pembelian Ben White. Arsenal membelinya dari Brighton & Hove Albion seharga 50 juta Pound di musim panas 2021.

Keputusan itu menjadikan bek 25 tahun itu sebagai pemain termahal yang pernah dibeli Arsenal, tapi posisinya di musim panas ini digeser Kai Havertz (65 juta Pound) yang akan segera digeser lagi oleh Declan Rice.

Beberapa pemain yang dibeli Arsenal di era Mikel Arteta dengan harga mahal adalah Gabriel Jesus, Oleksandr Zinchenko, Fabio Viera, Martin Odegaard, Thomas Partey, Aaron Ramsdale, dan William Saliba.

Sementara tes medis berjalan lancar, Jurrien Timber segera disahkan jadi pemain Arsenal. Arsenal sendiri dilaporkan telah mengunci transfer bek tengah asal Ajax Amsterdam tersebut. Transfer Timber ke Arsenal hampir selesai dan akan segera diumumkan.

Menurut laporan Fabrizio Romano, Timber sudah di London sejak hari Jumat (7/7). Dia dijadwalkan tes medis di skuat Arsenal. Menurut informasi proses tes medis itu berjalan lancer dan tak ada kendala berarti sehingga Timber segera diperkenalkan sebagai pemain baru Arsenal. *

Komentar