nusabali

Pemkab Klungkung Rencana Tambah Petugas di Nusa Penida

Dinas Pariwisata Gandeng Dinas Perhubungan dan Satpol PP

  • www.nusabali.com-pemkab-klungkung-rencana-tambah-petugas-di-nusa-penida

SEMARAPURA, NusaBali - Pemkab Klungkung sedang membuat kajian penambahan tenaga untuk mencegah kebocoran retribusi di Kecamatan Nusa Penida

Kadis Periwisata Klungkung Ni Made Sulistiawati mengatakan, penambahan petugas dilakukan setelah puncak kunjungan pada Juli, Agustus, dan September 2023. "Penambahan petugas sedang kami kaji berdasarkan operasional, kapasitas tamu yang datang saat high season (liburan wisatawan tinggi)," ujar Sulistiawati, Rabu (5/7).

Saat ini jumlah petugas yang ditempatkan di Nusa Penida sebanyak 20 orang. Mereka tersebar di beberapa titik yakni Pelabuhan Banjar Nyuh, Pelabuhan Sampalan, Pelabuhan Buyuk, dan Objek Wisata Devil Tears.

Mengantisipasi lonjakan saat high season, Dinas Pariwisata Klungkung berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk mengatur arus lalu lintas dan Satpol PP Klungkung untuk membantu penjagaan di tempat pemungutan retribusi Nusa Penida. "Saat ini jumlah kunjungan ke Nusa Penida rata-rata 1.500-1.900 orang per hari," kata Sulistiawati.

Nusa Penida menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan. Jumlah kunjungan pada high season tidak jauh berbeda dengan libur cuti bersama serangkaian Idul Fitri. Sejak Rabu (19/4) hingga Minggu (23/4) jumlah kunjungan mencapai 11.781 orang.

Berdasarkan data retribusi tempat rekreasi dan olahraga saat cuti bersama tahun 2022 juga mengalami peningkatan, rata-rata 2.585 orang/hari. Kunjungan harian pada hari biasa rata-rata 1.158 orang. "Peningkatan kunjungan mencapai 223 persen," ujar Sulistiawati. 7 wan

Komentar