nusabali

Ratusan Anjing dan Kucing di Peguyangan Kaja Disuntik VAR

  • www.nusabali.com-ratusan-anjing-dan-kucing-di-peguyangan-kaja-disuntik-var

DENPASAR, NusaBali - Ratusan hewan khususnya anjing dan kucing disuntik vaksin antirabies (VAR) di lima banjar, Banjar Tektek, Banjar Batur, Banjar Ben Biyu, Banjar Belusung, dan Banjar Den Yeh, Desa Peguyangan Kaja, Denpasar Utara, Selasa (4/7).

Ratusan anjing yang disuntik VAR di daerah ini dilakukan secara langsung di banjar maupun door to door. Vaksinasi ini dilaksanakan oleh 10 petugas dari Dinas Pertanian (Distan) Kota Denpasar.

Kepala Dusun Banjar Ben Biyu I Nyoman Yudana mengatakan vaksinasi di wilayahnya merupakan yang kedua tahun 2023 ini. Tak hanya anjing, sasaran vaksin juga kucing.

"Karena saat itu keterbatasan vaksin, hari ini (kemarin) dilanjutkan. Untuk yang jinak bisa dibawa ke banjar langsung. Sementara yang tidak bisa dibawa ke banjar, petugas langsung ke lokasi dan warga harus pro aktif mengarahkan hewan peliharaannya," kata Yudana.

Dikatakannya, di wilayah Ben Biu ada sebanyak 450-an ekor anjing. Hal ini dikarenakan wilayah banjar ini paling luas di kawasan Peguyangan Kaja. Selain itu, penduduknya juga banyak yang memelihara anjing. "Satu keluarga ada yang memelihara 6 bahkan 8 ekor anjing," imbuh Yudana.

Terkait gigitan anjing, pihaknya mengatakan beberapa hari lalu ada satu anak yang digigit anjing di bagian pelipis. Dan anak tersebut sudah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan vaksin antirabies. Pihaknya meminta kepada warganya untuk menjaga hewan peliharaannya agar tak berkeliaran. Termasuk juga menjaga kebersihannya agar tak sampai membuang kotoran di sembarang tempat.

Sementara salah seorang warga, Wayan Suari mengaku memiliki 7 ekor anjing. Dirinya sangat antusias memvaksin semua anjing miliknya tersebut dan dibawa ke banjar. "Dulu pernah divaksin sekali. Sekarang lagi divaksin, mumpung gratis," katanya. 7 mis

Komentar