nusabali

Wagub Cok Ace Hadiri Mapepada Wewalungan

Jelang Puncak Karya Pujawali Pura Mandara Giri Semeru Agung

  • www.nusabali.com-wagub-cok-ace-hadiri-mapepada-wewalungan
  • www.nusabali.com-wagub-cok-ace-hadiri-mapepada-wewalungan
  • www.nusabali.com-wagub-cok-ace-hadiri-mapepada-wewalungan

DENPASAR, NusaBali - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) didampingi Ketua PHDI Jawa Timur, Pembimas Jawa Timur, Ketua DPD Pradah Jawa Timur, dan PHDI Lumajang menyaksikan prosesi mapepada wewalungan yang dipuput oleh Ida Pedanda Gunung Sari, serangkaian karya pujawali di Pura Mandara Giri Semeru Agung, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Redite Wage Wariga, Minggu (2/7/2023).

Prosesi mapepada wewalungan merupakan penyamaan terhadap roh hewan (kambing, kerbau, babi, dan kura-kura) yang akan digunakan untuk sarana upakara. Dengan mapepada diharapkan arwah dari hewan yang digunakan untuk upakara, ketika lahir kembali mengalami kenaikan tingkat atau tidak menjadi hewan kembali. Selain itu, banten yang digunakan juga terbuat dari janur, dan bahan lainnya sebagai sarana upakara.

Hadir pula istri Wagub Bali, Ny Tjokorda Putri Hariyani Ardhana Sukawati dan adik Wagub Bali, Tjokorda Gde Raka Sukawati mengikuti prosesi mapepada wewalungan yang mengitari Pura Mandara Giri Semeru Agung sebanyak tiga kali.

Prosesi mapepada wewalungan yang berlangsung di bawah hujan gerimis kemarin, dilaksanakan sehari sebelum puncak karya pujawali di Pura Mandara Giri Semeru Agung. Prosesi ini diharapkan mampu membersihkan jagad raya secara sekala dan niskala. Setelahnya, puncak karya dilaksanakan pada Soma Kliwon Wariga, Senin (3/7/2023), dilanjutkan pujawali nyejer selama sebelas hari.


Untuk diketahui, rangkaian acara pujawali Pura Mandara Giri Semeru Agung dilaksanakan sejak 6 Juni 2023 dengan acara matur piuning, setelah itu dilanjutkan dengan nuur tirta ke beberapa tempat, yaitu Nuur Tirta Empul Tampak Siring, Nuur Tirta Pura Selukat, dan Nuur Tirta Pura Sidakarya. Kemudian dilanjutkan dengan nanceb, negtegan, nyamuh serta melasti. Setelah puncak karya juga dilaksanakan beberapa rangkaian upacara yaitu Nganyarin yang dilakukan oleh 9 kabupaten/kota se-Bali, piodalan Ranu Pane, piodalan Ranu Dringu, piodalan Pandan Sari, dan terakhir panyineban pada Sukra Umanis Warigadean, Jumat (14 Juli 2023).

Selepas mengikuti prosesi mapepada, Wagub Cok Ace juga menghadiri acara Peresmian dan Serah Terima Gedung Kelompok Kerja Semeru Agung, yang terletak di area pura.

Dalam sambutannya, Wagub Cok Ace mengapresiasi pembangunan Gedung Kelompok Kerja, yang akan digunakan untuk penjualan hasil UMKM masyarakat Senduro. Diharapkan usaha yang memiliki tujuan untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sekitar tersebut dapat berkembang, tentunya dengan inovasi yang semakin baik setiap waktunya. Sehingga, penjualan produk dapat dilakukan secara berkelanjutan, tidak berhenti di tengah jalan. 7 bin

Komentar