nusabali

Longboard Competition 2023, Adu Skill 30 Skater di Tanah Barak

  • www.nusabali.com-longboard-competition-2023-adu-skill-30-skater-di-tanah-barak
  • www.nusabali.com-longboard-competition-2023-adu-skill-30-skater-di-tanah-barak

MANGUPURA, NusaBali.com - Bermain papan seluncur mungkin sudah biasa dijumpai di lapangan atau skatepark. Namun, berbeda halnya dengan 30 skater handal yang saling memperlihatkan keahlian mereka di tempat yang berbeda dan lebih menantang yakni di Tanah Barak.

Berlokasi di kawasan Pantai Pandawa, area Tanah Barak berada di atas tebing dengan jalanan yang berliku dan turunan. Sehingga, selain memperlihatkan trik bermain longboard, para skater juga harus menjaga keseimbangan di atas papan luncurnya dengan rute yang sepanjang 1.3 kilometer.

Leader Bali Rider Longboard Dewa Bagus Gutrana menerangkan sebanyak 30 skater tersebut berasal dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Lombok, Labuan Bajo, hingga Malaysia dan Singapura.

“Acara ini kami buka untuk semua orang baik nasional hingga Asia. Kendalanya memang peserta dari luar negeri itu tidak banyak karena event kami dibuat terlalu singkat. Minimal dibuat dalam kurun waktu enam bulan, tetapi kami hanya mempersiapkannya kurang dari dua bulan,” tutur Bagus Gutrana saat ditemui di Tanah Barak, kawasan Pantai Pandawa, Badung,  Minggu (2/7/2023) sore.

Longboard competition 2023 yang merupakan salah satu rangkaian dari gelaran Semarak Pandawa 2023 itu, lanjut Bagus Gutrana menawarkan tiga kategori perlombaan, diantaranya longboard race, free ride, dan long slide. Menurutnya, para  skater memiliki kualitas yang cukup baik. Terlihat dari mereka yang mampu menggunakan papan luncur dengan sebaik mungkin.

“Semua spot atau jalan di Bali sudah kami coba, kalau di Tanah Barak ini memiliki spot yang speed tinggi. Jadi tantangannya lumayan bagi kami, banyak yang terluka dan jatuh tadi, tetapi kami sudah sediakan obat-obatan dan juga ambulans,” tambahnya.

Sementara, ditanya soal olahraga longboard, Bagus Gutrana menjelaskan longboard sendiri merupakan pengembangan dari permainan skateboard, yang mana para skater juga gemar bermain surfing. Sehingga longboard lebih identik dengan papan luncur yang lebih panjang dari pada papan skateboard biasanya. Di Indonesia pun, olahraga ini terang dia sudah cukup digemari oleh masyarakat dan sudah menyebar di seluruh Indonesia.

“Kami berharap event seperti ini bisa diadakan setiap tahun di Pantai Pandawa khususnya di rute Tanah Barak ini. Sehingga event ini sekaligus dapat mengenalkan longboard kepada masyarakat khususnya generasi muda,” harapnya.

Sebagai informasi tambahan, adapun Juara I Longboard Pro Class diraih oleh Eka Adi dari Bali Rider Longboard atau Barong team, Juara II diraih oleh Buser dari Lombok Rider Longboard, dan Juara III diraih oleh Asman dari Degers Jakarta.

Sedangkan Longboard Open Class, Juara I diraih oleh Antok dari Lombok Rider Longboard, Juara II diaraih oleh Galang dari Bali Rider Longboard atau Barong team, dan Anjok dari Lombok Rider longboard. Lalu Juara longboard Women Class diraih oleh Astrid dari Degers Jakarta. *ris

Komentar