nusabali

Banjar Munggu Gelar Karya Wrespati Kalpa

  • www.nusabali.com-banjar-munggu-gelar-karya-wrespati-kalpa
  • www.nusabali.com-banjar-munggu-gelar-karya-wrespati-kalpa

MANGUPURA, NusaBali - Banjar Munggu, Desa Adat Mengwi menggelar Upacara Dewa Yadnya dan Bhuta Yadnya Karya Wrespati Kalpa, Mamungkah, Ngenteg Linggih di Pura Melanting / Sedahan Penyarikan, Jumat (30/6).

Pada upacara tersebut juga sekaligus digelar upacara melaspas Balai Banjar Munggu.

Karya tersebut dipuput oleh Ida Pedande Gede Ketut Putra Timbul dari Griya Gede Kawi Purna Timbul Mengwi, Ida Peranda Gede Jelantik Giri Santa Cita dari Griya Budha, Br Jadi Kecamatan Kediri, dan Jero Gede Sengguh Temburun Wasa dari Griya Sibang Kaja.

Kegiatan upacara ini turut dihadiri Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, anggota DPRD Provinsi Bali I Bagus Alit Sucipta, anggota DPRD Badung I Wayan Regep, perwakilan dari Dinas Kebudayaan Badung, Camat Mengwi I Nyoman Suhartana, Perbekel Mengwi I Nyoman Suwarjana, Bendesa Mengwi Ida Bagus Oka, serta masyarakat setempat.

Prawartaka Karya Ida Bagus Anom mengatakan upacara ini dilakukan setelah rampungnya pembangunan balai banjar. Dikatakan, sebelum upacara Upacara Dewa Yadnya dan Bhuta Yadnya Karya Wrespati Kalpa, Mamungkah, Ngenteg Linggih berlangung telah dilaksanakan upacara Tawur/Caru Panca Rupa yang sudah berjalan dengan lancar.


Rampungnya pembangunan balai banjar ini juga tak lepas dari peran Pemerintah Kabupaten Badung yang sudah membantu masyarakat di Banjar Munggu, Desa Mengwi. "Pemerintah Kabupaten Badung sudah banyak membantu, untuk itu mari kita bersama-sama mendukung program pemerintah Kabupaten Badung yang sudah berpihak kepada masyarakat," ujarnya.

Sementara, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa saat itu berkesempatan membubuhkan paraf pada prasasti yang dilanjutkan dengan menyerahkan bantuan dana BKK anggaran perubahan tahun 2022 secara simbolis untuk pembangunan Balai Banjar sebesar Rp 2,3 miliar. Turut diserahkan pula BKK untuk karya di induk tahun 2023 sebesar Rp 225 juta.

"Ini bukti keberpihakan Bapak Bupati Badung dalam rangka membantu rakyatnya, dari segi, adat, agama dan budaya termasuk bantuan pembangunan balai banjar," ujarnya. 7 ind

Komentar