nusabali

Polres Jembrana Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Antisipasi Arus Balik Idul Adha

  • www.nusabali.com-polres-jembrana-siapkan-rekayasa-lalu-lintas

Puncak arus balik libur Idul Adha diperkirakan akan terjadi pada H+3 atau Minggu (3/7) besok.

NEGARA, NusaBali
Polres Jembrana menyiapkan rekayasa lalu lintas sebagai antisipasi kemungkinan lonjakan arus balik libur Hari Raya Idul Adha 2023 dari Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk. Persiapan itu pun dilakukan menyusul adanya lonjakan penumpang dari Gilimanuk ke Ketapang pada Selasa (27/6) dan Rabu (28/6) lalu.

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, Jumat (30/6), mengatakan puncak arus balik libur Idul Adha diperkirakan akan terjadi pada H+3 atau Minggu (3/7) besok. Cuti bersama Idul Adha, sebenarnya sudah berakhir per Jumat kemarin. Namun para penumpang yang sebelumnya pulang kampung ataupun berlibur dalam masa cuti bersama Idul Adha yang juga disambung dengan akhir pekan, diperkirakan akan memilih balik pada Minggu nanti.

"Untuk arus balik dari Jawa, kami akan lakukan pemeriksan seperti biasa. Kami juga siapkan langkah antisipatif dengan pola-pola rekayasa arus. Jika terjadi kepadatan muatan yang turun di Gilimanuk, kami siapkan pengalihan arus ke jalur-jalur alternatif di belakang Pos Pemeriksaan KTP," ucap AKBP Dewa Juliana.

Di samping antisipasi arus balik dari Jawa, AKBP Dewa mengaku, juga menyiapkan pola serupa ketika terjadi kepadatan arus balik dari Bali ke Jawa. Untuk rekayasa dari arah Denpasar, disiapkan rekayasa lalu lintas dengan memanfaatkan jalur alternatif yang tembus menuju arah Pelabuhan Gilimanuk. Termasuk disiapkan kantong parkir di Terminal Kargo Gilimanuk.

Di samping persiapan rekayasa lalu lintas, AKBP Dewa Juliana mengaku, juga berkoordinasi dengan pihak otoritas terkait agar bisa memaksimalkan pola layanan penyeberangan untuk mencegah kemacetan. Terlebih saat ini Dermaga Ponton di Pelabuhan Gilimanuk masih ditutup karena sedang berlangsung perbaikan untuk peningkatan kapasitas dermaga. 

"Kita harapkan dari pihak ASDP dan BPTD (Balai Pengelola Transportasi Darat) bisa maksimalkan pelayanan. Kalau memang cuaca memungkinkan, kita minta agar proses bongkar muat agar dipercepat," ucap AKBP Dewa Juliana. 7ode

Komentar