nusabali

Salat Id di Taman Kota dan Eks Pelabuhan Buleleng

  • www.nusabali.com-salat-id-di-taman-kota-dan-eks-pelabuhan-buleleng

SINGARAJA, NusaBali - Ratusan warga Kota Singaraja memadati Taman Kota Singaraja di Jalan Ngurah Rai, Buleleng, untuk mengikuti Salat Idul Adha 1444 Hijriah, Kamis (29/6) pagi.

Pelaksanaan Salat Id ini dipimpin langsung oleh Ustad Abdurahman Said. Ia mengajak umat Islam untuk meneladani keteguhan iman dan kesabaran Nabi Ibrahim AS.

"Idul Adha adalah momentum Allah menguji kaum Muslimin untuk meneladani Nabi Ibrahim. Momentum ini juga menjadi kesempatan umat untuk menyisihkan hartanya untuk berkurban dan berbagi pada fakir miskin. Berbagi sekaligus tahun kerja sama antara komponen masyarakat. Seperti saat pelaksanaan salat Idul Adha ini bisa digelar atas kerja sama," ujarnya.

Salat Idul Adha juga dilaksanakan jemaah Muhammadiyah, pada Rabu (28/6) di kawasan Eks Pelabuhan Buleleng. Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Buleleng Muhammad Ali Susanto mengatakan, tahun ini jemaah yang mengikuti salat di Eks Pelabuhan Buleleng sekitar 800 orang.

Salat dilaksanakan setelah mendapatkan penetapan dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dimana perayaan Idul Adha diyakini jatuh pada 28 Juni 2023. Setelah salat, pihaknya kemudian melakukan penyembelihan hewan kurban, dengan rincian lima ekor kambing serta tiga ekor sapi.

Kata Ali Susanto, jumlah hewan kurban ini diakui Susanto menurun bila dibandingkan tahun lalu. Sebab banyak pengurus dari persyarikatan Muhammadiyah Buleleng yang menunaikan ibadah haji. "Kalau tahun lalu ada 16 ekor sapi dan 12 ekor kambing. Tahun ini menurun karena hampir seluruh pengurus mendapat giliran berangkat haji," tandasnya. 7mzk

Komentar