nusabali

Hasil Cek Hewan Kurban Di Tabanan Aman Dikonsumsi

  • www.nusabali.com-hasil-cek-hewan-kurban-di-tabanan-aman-dikonsumsi

TABANAN, NusaBali - Dinas Pertanian melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban di 20 titik di Tabanan. Hasilnya seluruh hewan kurban aman dikonsumsi. Pengecekan yang dilakukan sebanyak dua tahap sebelum dipotong dan sesudah dipotong.

Sebanyak 20 titik pengecekan itu salah satu diantaranya di Kecamatan Baturiti ada 6 titik lokasi pemeriksaan sekaligus pemotongan hewan kurban, dan di Kecamatan Penebel 1 lokasi. Dalam satu lokasi untuk pemeriksaan hewan kurban ini melibatkan 2 petugas, yakni, 1 tenaga medik dan 1 tenaga dokter. 

Kepala Bidang Ternak dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Tabanan Gde Eka Parta Ariana menyebutkan pemeriksaan yang dilakukan melibatkan 22 petugas dokter. Pemeriksaan dilakukan dua tahap sebelum Idul Adha dan saat Idul Adha. 

"Pemerikaaan dua tahap ini antara saat penyembelihan (antemortem) dengan melakukan pengecekan bagian fisik atau tampak luar ternak dan pasca penyembelihan (postmortem) dengan menyasar daging dan organ fisik hewan kurban," jelasnya, Kamis (28/6). 

Menurutnya pemeriksaan yang dilakukan untuk memastikan hewan kurban bebas dari penyakit. Dan syukurnya dari hasil pengecekan yang dilakukan seluruh hewan kurban Idul Adha 2023 di Tabanan  dalam kondisi aman dikonsumsi. "Kami juga melakukan pengecekan untuk gejala-gejala lain pada organ jantung maupun paru dari hewan kurban,” katanya. 

Di sisi lain stok hewan kurban di Tabanan untuk perayaan Idul Adha dalam kondisi aman. Dari data ketersediaannya atau populasi untuk sapi di Tabanan mencapai 3.729 ekor dari kebutuhan hanya 110 ekor. Sementara untuk kambing dari populasi 4.296 ekor kebutuhan hari raya mencapai 207 ekor. 7des

Komentar