nusabali

Bagaimanakah Cuaca di Bali saat Libur Hari Raya Idul Adha?

  • www.nusabali.com-bagaimanakah-cuaca-di-bali-saat-libur-hari-raya-idul-adha

MANGUPURA, NusaBali.com - Data Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar menyebutkan kondisi cuaca secara umum di wilayah Bali pada Kamis (29/6/2023) yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha dan menjadi tanggal merah, diprediksi cerah berawan.

Sementara suhu udara berkisar antara 22 hingga 32 derajat celcius dengan kelembapan udara berkisar antara 60 hingga 95 persen dan angin umumnya bertiup dari arah tenggara ke barat daya dengan kecepatan berkisar antara 4 hingga 32 kilometer per jam.


Tinggi gelombang laut di perairan utara Bali berkisar antara 0.24 hingga 2 meter, di perairan selatan Bali berkisar antara 0.75 hingga 3.5 meter, di Selat Bali berkisar antara 0.5 hingga 2.5 meter dan di Selat lombok berkisar antara 0.5 hingga 2.5 meter.


Kondisi ini disebabkan oleh suhu muka laut di sekitar wilayah Bali yang umumnya berkisar antara 26 hingga 30 derajat celcius dan masa udara basah terkonsentrasi dari lapisan permukaan hingga lapisan 850 mb atau 1.500 meter.


Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar, Cahyo Nugroho menerangkan prediksi cuaca di Bali saat perayaan Idul Adha 1444 Hijriah  secara umum cerah berawan. Namun ia menerangkan masih terdapat potensi hujan ringan terutama di Bali bagian tengah dan timur.


“Angin umumnya bertiup dari arah tenggara ke barat daya dengan kecepatan berkisar antara 4 hingga 32 kilometer per jam. Sedangakan tinggi gelombang laut di perairan utara Bali berkisar antara 0.25 hingga 2 meter, di perairan selatan Bali berkisar antara 0.75 hingga 3.5 meter di selat Bali berkisar antara 0.5 hingga 2.5 meter dan di Selat Lombok berkisar antara 0.5 hingga 2.5 meter,” tutur Cahyo.


Lebih lanjut ia meminta kepada masyarakat agar tetap waspada akan potensi tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2.0 meter atau lebih di laut Bali, Selat Bali, Selat Badung, Selat Lombok, dan Samudera Hindia selatan Bali.


“Masyarakat umum, nelayan, dan pelaku wisata bahari harap mewaspadai potensi peningkatan kecepatan angin dan tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di sekitar perairan utara dan selatan Bali. Serta agar selalu memerhatikan informasi BMKG khususnya peringatan dini cuaca atau iklim ekstrem,” harapnya.


Berikut ulasan perkiraan cuaca saat Perayaan Idul Adha pada Kamis (29/6/2023) di wilayah Bali yang telah NusaBali.com rangkum dari data BMKG Wilayah III Denpasar:


  • Bangli : Prakiraan cuaca cerah berawan pada pagi dan dini hari. Sedangkan pada siang dan malam hari cuaca berawan.

  • Denpasar : Prakiraan cuaca cerah berawan pada pagi dan dini hari. Sedangkan pada siang dan malam hari cuaca berawan.

  • Gianyar : Prakiraan cuaca cerah berawan pada pagi dan dini hari. Sedangkan pada siang dan malam hari cuaca berawan.

  • Mengwi: Prakiraan cuaca cerah berawan pada pagi dan dini hari. Sedangkan pada siang hujan ringan dan malam hari cuaca berawan.

  • Semarapura: Prakiraan cuaca cerah berawan pada pagi dan dini hari. Sedangkan pada siang dan malam hari cuaca berawan.

  • Singaraja : Prakiraan cuaca cerah berawan pada pagi dan dini hari. Sedangkan pada siang hujan ringan dan malam hari cuaca berawan.


  • Tabanan : Prakiraan cuaca cerah berawan pada pagi dan dini hari. Sedangkan pada siang hujan ringan dan malam hari cuaca berawan. *ris

Komentar