nusabali

Waspada! Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang di Bali Saat Nyepi

  • www.nusabali.com-waspada-potensi-hujan-lebat-dan-angin-kencang-di-bali-saat-nyepi

DENPASAR, NusaBali.com - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di Bali. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat diprediksikan terjadi pada 9-11 Maret 2024, termasuk saat Hari Raya Nyepi.

"Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati," kata Kepala BBMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho, Sabtu (9/3/2024).

Hampir seluruh wilayah Bali berpotensi dilanda cuaca ekstrem ini. Pada 9-10 Maret, peringatan cuaca berlaku untuk seluruh sembilan kabupaten/kota di Bali.

Sedangkan pada 11 Maret, tepat di Hari Raya Nyepi, potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang diprediksikan terjadi di tujuh kabupaten/kota, yaitu Klungkung, Karangasem, Gianyar, Denpasar, Badung, Bangli, dan Buleleng.

BBMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai dampak bencana seperti angin kencang, pohon tumbang, petir, banjir, genangan air, dan tanah longsor.

Peringatan ini juga berlaku bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan, dan wisata bahari.

Masyarakat yang beraktivitas di sekitar wilayah pesisir perlu mewaspadai potensi gelombang laut dengan ketinggian mencapai dua meter atau lebih di Laut Bali, Selat Bali bagian Selatan, Selat Lombok, dan Samudera Hindia Selatan Bali.

Untuk informasi terbaru mengenai cuaca, masyarakat dapat mengakses laman resmi BMKG di balai3.denpasar.bmkg.id atau meteo.bmkg.go.id.

Informasi juga dapat diperoleh melalui aplikasi InfoBMKG, media sosial BMKG (Facebook: BBMKG Wilayah III Denpasar, Twitter: @bbMKG3, Instagram: @bmkgbali), dan kanal telegram @warningcuacabali.

Mari bersama-sama kita jaga keselamatan dan keamanan selama Hari Raya Nyepi. Tetap waspada dan ikuti perkembangan informasi cuaca terbaru. 

Komentar