nusabali

Kapal Mudik Jalur Laut Kandas Kapal Mudik Jalur Laut Kandas

  • www.nusabali.com-kapal-mudik-jalur-laut-kandas-kapal-mudik-jalur-laut-kandas

Kapal laut KM Express Bahari 9C yang mengangkut pemudik gratis Pemrov Jatim kandas di Perairan Pulau Kalosot Brakas, Raas, Sumenep. 

SUMENEP, NusaBali
Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Sebanyak 360 penumpang berhasil dievakuasi. "Kapal berangkat dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo menuju Raas. Lokasi kandasnya berjarak 1 mil dari Pelabuhan Raas, Sumenep," ujar Kapolres Sumenep AKBP Joseph Ananta Pinora dalam pesan WhatsApp-nya yang dilansir detik, Minggu (18/6).

Pinora mengatakan, kapal kandas karena kapal terlalu minggir saat berbelok ke Pelabuhan Raas sehingga membentur dan nyangkut di karang. Kru kapal kemudian meminta bantuan. Bantuan pun datang. 
 
Sejumlah perahu tradisional nelayan datang dan mengevakuasi para penumpang menuju ke Pelabuhan Raas. Turut melakukan evakuasi adalah personel Polsek Raas dan Koramil Raas. Evakuasi berlangsung secara sporadis karena gelombang laut yang kurang bersahabat.

"Beruntung kapal tidak bocor meski tersangkut karang," kata Pinora.

Seluruh penumpang akhirnya berhasil dievakuasi. Namun 12 kru kapal memilih bertahan di atas kapal cepat tersebut. Mereka melakukan evaluasi kerusakan dan menunggu datangnya teknisi dari Gresik yang sedang dalam perjalanan.

"Karena menabrak karang, 3 propeller atau baling-baling kapal rusak," tandas Pinora. *

Komentar