nusabali

Mantan Bupati Gianyar CBS Tutup Usia

  • www.nusabali.com-mantan-bupati-gianyar-cbs-tutup-usia

GIANYAR, NusaBali.com -  Mantan Bupati Gianyar periode 1992-2002, Tjokorda Budi Suryawan tutup usia, Selasa (27/6/2023). Tokoh politik yang akrab disapa CBS ini menghembuskan nafas terakhirnya di kediamannya Puri Mahasari, Ubud sekitar Pukul 07.15 WITA. Almarhum meninggal dunia di usia 71 tahun.

Almarhum meninggalkan seorang istri Tjokorda Istri Putra Anitawati, tiga putra Tjokorda Gde Setiabudi Suryawan, Tjokorda Gde Agung Wijaya Kusuma, Tjokorda Gde Putera Tejakusuma, serta 5 orang cucu. 

Tjokorda Gde Putera Tejakusuma, putra bungsu almarhum ketika dikonfirmasi membenarkan kabar duka ini. "Nggih, meninggal pukul 07.15 WITA di Puri," ujarnya. 

Kepergian almarhum cukup mendadak, sebab sebelumnya tidak ada mengeluh sakit. Namun karena faktor usia, CBS semasa tua dirawat oleh perawat. "Tidak ada keluhan, tadi dari pihak rumah sakit langsung ke Puri (untuk memastikan, red). Kebetulan beliau dirawat oleh perawat," jelas Tjokorda Tejakusuma. 

Seperti diketahui, saat menjadi orang nomor 1 di Gianyar CBS termasuk pemimpin yang fenomenal. Tokoh kelahiran 13 September 1957 ini bahkan mendapatkan julukan bapak pembangunan yang kini tetap terjaga dan dinikmati oleh masyarakat. Tokoh yang juga pernah mencalonkan diri sebagai Gubernur Bali ini, mewujudkan ide-ide cemerlang dalam meningkatkan laju perekonomian di wilayah Kabupaten Gianyar. 

CBS berjasa dalam pembangunan Gianyar. Seperti membangun Pasar Gianyar, Stadion Kapten Dipta, Balai Budaya Gianyar hingga Bypass Dharma Giri. Untuk diketahui, karier CBS di pemerintahan dimulai sebagai pegawai biro Setwilda Provinsi Bali tahun 1979 hingga 1980. 

Posisi puncak di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali diraihnya pada tahun 1988, setelah menjabat sebagai Kepala Biro Protokol Setwilda Bali hingga tahun 1993. Tahun 1992 hingga 1997, CBS terpilih sebagai Bupati Gianyar. 

Karena dianggap sukses memimpin Gianyar dengan berbagai programnya, CBS kemudian terpilih lagi sebagai Bupati Gianyar untuk periode 1997 hingga 2002. Usai menjabat sebagai Bupati Gianyar, CBS kemudian meneruskan karier politiknya sebagai anggota DPRD Provinsi Bali mulai tahun 2004. 

Selain itu, CBS juga menjabat Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali tahun 2004. Selama hidupnya, pria yang hobi membaca, olahraga, dan berkesenian ini sudah meraih berbagai tanda penghargaan. Penghargaan tertinggi yang pernah diraihnya yakni penghargaan Satya Lencana Pembangunan Bidang Pertanian dari Presiden RI, penghargaan Satya Lencana Wirakarya dari Presiden RI, serta berbagai penghargaan lainnya. *nvi

Komentar