nusabali

Timnas Cricket U-16 Ditarget Tembus Semifinal

  • www.nusabali.com-timnas-cricket-u-16-ditarget-tembus-semifinal

JAKARTA, NusaBali - Timnas Cricket Putra U-16 Indonesia mengikuti Kejuaraan Asia di Malaysia pada 26 Juni-4 Juli 2023. Tim yang didominasi atlet Bali tersebut ditarget tembus semifinal. Mereka pun, sudah siap bertanding dan akan bermain all out.

"Di pertandingan pertama Selasa (27/6), akan  bertemu Tim Singapura," ujar General Manager Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI) Afie Firmansyah kepada NusaBali, Senin (26/6). 

Afie mengaku buta  kekuatan Tim Singapura lantaran mereka belum pernah bertemu. Plus kejuaraan tersebut baru pertama kali digelar. Untuk itu, Timnas Putra U-16 akan bermain lepas agar bisa tampil bagus. Selain dengan Singapura, Indonesia satu grup dengan Hongkong dan Maladewa.

Pertandingan dengan Hongkong berlangsung Rabu (28/6) , sedangkan melawan Maladewa Kamis (29/6).  Afie menjelaskan, secara senioritas Tim Singapura dan Hongkong berada di atas timnas. Sementara Tim Maladewa masih di bawah Indonesia. Mereka pun, yakin menang dari Maladewa.

Sebaliknya menghadapi Singapura dan Hongkong, mereka juga tetap optimis bisa mengimbangi permainan lawan. Pasalnya, timnas sudah mempersiapkan diri dengan baik. Mereka menjalani training camp selama sebulan di Bali.

Ada 14 atlet yang memperkuat Timnas Putra U-16. Enam diantaranya berasal dari Pulau Dewata yaitu I Gede Teguh Pranatha Wiguna, I Kadek Dasta, I Made Rizky Dwipayana, Komang Bayu Permana Putra, Made Rama Yudadiputra dan Putu Eka Rekananda Tanaya. Selebihnya berasal DKI Jakarta dan Kalimantan Timur.

Tidak hanya di U-16 saja atlet Bali mendominasi. Di Timnas Putra U-19 juga terdapat tujuh orang dari 14 atlet. Mereka baru saja turun mengikuti kualifikasi Piala Dunia U19 zona Asia Fasifik di Darwin, Australia padai 9-22 Juni lalu. Hasilnya, timnas menempati peringkat kelima dari tujuh negara.

Timnas Cricket Putra U19 berada di peringkat kelima setelah menang dari Vanuatu dan Samoa. Lalu kalah dari Fiji, Selandia Baru, Papua Nugini dan, Jepang sehingga tidak lolos Piala Dunia. "Yang lolos hanya satu tim yaitu dari Selandia Baru," terang Afie. 

Pertandingan itu menjadi pengalaman bagi para pemain U-19. Lantaran mereka yang dikirimkan adalah pemain muda yang masih punya kesempatan tampil di babak kualifikasi selanjutnya atau pada 2025 mendatang. "Ketika mereka tampil lagi diharapkan permainan mereka lebih bagus," terang Afie. Piala Dunia Cricket U-19 Putra sendiri berlangsung dua tahun sekali. Akhir 2024 nanti, Srilanka akan menjadi tuan rumah. 7k22

Komentar