nusabali

Tidak Punya Akses, Pantai Tegal Wangi Terancam Ditutup

  • www.nusabali.com-tidak-punya-akses-pantai-tegal-wangi-terancam-ditutup

MANGUPURA, NusaBali - Pantai Tegal Wangi yang terletak di Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung terancam ditutup permanen.

Sebab lahan di sekitar lokasi pantai itu milik sebuah perusahaan, sehingga tidak ada akses menuju pantai tersebut. Upaya komunikasi dengan berbagai pihak sudah dilakukan, namun belum menemukan titik terang.

Bendesa Adat Jimbaran I Gusti Made Rai Dirga, mengaku khawatir Pantai Tegal Wangi akan ditutup secara permanen. Selama ini wisatawan yang hendak berwisata ke pantai tersebut melewati lahan milik sebuah perusahaan.

"Kalau nantinya ada pembangunan, tidak menutup kemungkinan akses akan ditutup. Sejauh ini sih masih bisa, tapi kalau sudah mulai di bangun, siapa yang bisa memastikan akses itu tetap dibuka," ujar Dirga, Senin (26/6).

Untuk itu, Dirga mengaku sudah berkomunikasi dengan berbagai pihak. Namun sayangnya, koordinasi yang dilakukan selama ini belum membuahkan hasil, sehingga dia khawatir akses masuk ke pantai itu terancam di tutup permanen.

Disinggung terkait adanya kemungkinan membuka akses di samping Pura, Dirga menegaskan hal itu sulit dilakukan, lantaran kondisinya cukup curam dan tidak bisa menjangkau ke pantai.

"Kalau dari samping itu tidak memungkinkan. Jadi, satu-satunya akses itu melalui lahan milik perusahaan. Semoga akan mendapatkan solusi yang baik," harapnya.

Menurut Dirga, Pantai Tegal Wangi memiliki keindahan tersendiri, yang mana terdapat pasir putih dan bebatuan khas di sana. Dengan ciri khas ini lah banyak wisatawan yang datang dan menikmati matahari terbenam.

Selama ini, wisatawan yang datang mengunjungi pantai itu bisa melewati akses yang sudah ada. Tapi sayangnya, beberapa pekan belakangan, akses tersebut sudah mulai ditutup dan wisatawan yang berkunjung harus melompati pagar besi pembatas.

"Kalau akses utama seperti jalan beraspal memang hanya sampai depan pura saja. Tapi, untuk akses ke pantai masih bebatuan. Itupun akses itu sudah ada pagar besinya," kata Dirga seraya berharap akan ada solusi terbaik dalam mengatasi persoalan tersebut. 7 dar

Komentar