nusabali

Badan Pangan Gelar Gerai Pangan Murah

  • www.nusabali.com-badan-pangan-gelar-gerai-pangan-murah

BANGLI, NusaBali - Badan Pangan Nasional (BPN) menggelar gerai Gerakan Pangan Murah (GPM) digelar di Alun-alun Bangli, (26/6). Gerai GPM yang menyediakan sejumlah kebutuhan pokok, mulai dari beras, sayur, hingga daging dan telur jadi sasaran ibu rumah tangga.

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli I Wayan Sarma mengatakan kegiatan GPM difasilitasi Badan Pangan Nasional. Kegiatan ini dilaksanakan serentak pada 342 titik di 301 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Kegiatan serangkaian menyambut hari libur nasional dan keagamaan, Idul Adha.

"Kegiatan ini bertujuan untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan, serta pengendalian inflasi. Disamping juga untuk meningkatkan aksesibilitas keterhubungan antara produsen dan konsumen," jelasnya.

Dengan kegiatan ini, dia mengharapkan harga di produsen stabil, dan konsumen mendapatkan harga yang wajar. Lanjutnya, kegiatan GPM dilaksanakan di Alun-alun Bangli untuk menjauhkan dari pasar. Dengan demikian tidak terjadi persaingan dengan pedagang di pasar. Komoditas yang dijual, yakni beras, minyak goreng, gula pasir, sayuran, buah-buahan, bumbu dapur, telur ayam, daging ayam, ikan, termasuk makanan ringan.

Sarman menyebutkan harga kebutuhan pokok cenderung stabil. Harga yang ditawarkan di gerai GPM ini lebih murah dari pasaran. Di mana perbandingan harganya mencapai 10 hingga 15 persen dari harga di pasar.7esa

Komentar