nusabali

Bagnaia Tercepat di Sirkuit Assen

Marquez Patah Tulang Rusuk

  • www.nusabali.com-bagnaia-tercepat-di-sirkuit-assen

Dengan kemenangan ini, Bagnaia masih memimpin klasemen dengan total 194 poin atau unggul 35 poin dari Jorge Martin.

ASSEN, NusaBali - Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia berhasil mempertahankan gelarnya sebagai penakluk Sirkuit Assen selama dua tahun berturut-turut di MotoGP Belanda, Minggu (25/6).

Bagnaia finis di urutan pertama usai menyelesaikan balapan dalam waktu 40 menit 37,64 detik dengan Marco Bezzecchi (Mooney VR46) berada di belakangnya dengan jarak waktu hanya 1,223 detik dari sang juara.

"Rasanya fantastis! Ini bukan balapan yang mudah karena semuanya juga berjuang keras untuk menjadi yang terdepan. Saya sangat menyukai lintasan ini, pun dengan para penontonnya. Assen sangat luar biasa!" kata Bagnaia.

Pembalap Red Bull KTM Brad Binder yang seharusnya berdiri di podium bersama dua pembalap Ducati di depannya, harus merelakan posisinya diambil oleh Aleix Espargaro (Aprilia Racing) usai ia diberikan penalti karena melebihi batas trek (track limit).

Binder yang tampil kuat di balapan utama hanya terpaut 1,528 detik dari Bagnaia, sementara Espargaro yang akhirnya meraih posisi ketiga memiliki selisih waktu 1,925 detik dari Pecco.

Melengkapi daftar 10 besar, ada Jorge Martin (Prima Pramac) di posisi kelima dengan selisih waktu 1,934 detik dari sang juara. Lalu di belakangnya ada Alex Marquez (Gresini Racing), Luca Marini (Mooney VR46), Takaaki Nakagami (LCR Honda), Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha), dan Augusto Fernandez (GASGAS Factory Racing Tech3).

Dengan kemenangan ini, Bagnaia masih memimpin klasemen kejuaraan untuk pembalap musim ini dengan total 194 poin. Martin berada di belakangnya dengan 159 poin, Bezzecchi di posisi ketiga dengan selisih satu poin saja dari Martin. Binder dan Johann Zarco masing-masing berada di posisi keempat dan kelima dengan 114 dan 109 poin.

Di sisi lain, serangkaian kecelakaan juga menghiasi GP Belanda musim ini, dengan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan Zarco yang saling bertabrakan dan keduanya tidak dapat menyelesaikan balapan (DNF).

Selain itu, Jack Miller (Red Bull KTM) juga tersingkir terlebih dahulu di awal balapan usai terjatuh, pun dengan Maverick Vinales (Aprilia Racing) yang juga terjatuh usai mencoba mengamankan lima posisi terdepan. Rekan satu tim Bagnaia, Enea Bastianini juga tidak menyelesaikan balapan usai 20 lap, diduga karena masalah teknis pada motornya.

Bahkan pembalap Repsol Honda Marc Marquez terpaksa absen setelah dinyatakan patah tulang rusuk. “Seperti yang kalian ketahui, saya belum tiba di Assen dengan kondisi fisik 100 persen baik. Selain keseleo dan patah jari, ada patah tulang rusuk yang membuat saya sangat kesakitan,” kata Marquez.

Marquez mengungkapkan, ia mengalami rasa sakit yang luar biasa pada Minggu pagi. “Saya bangun pagi ini dengan rasa sakit yang luar biasa. Dan setelah pemeriksaan, kami telah memutuskan bersama dengan tim medis, untuk tidak balapan hari ini agar tidak semakin parah dan dapat pulih pada minggu-minggu berikutnya. Terima kasih atas dukungan kalian semua!” ujarnya.

Sebelumnya pada sesi balapan Sprint MotoGP Belanda, Marquez juga sempat terlibat kontak dengan pembalap Ducati Lenovo Enea Bastianini, yang kemudian membuatnya terjatuh. Hal ini juga menyusul beberapa balapan terakhir sebelum GP Belanda pun, Marquez sering jatuh hingga tidak bisa menyelesaikan balapan.7

Komentar