nusabali

Anjing Rabies Gigit Empat Warga

Distan Gianyar Langsung Eliminasi Selektif

  • www.nusabali.com-anjing-rabies-gigit-empat-warga

‘Masyarakat juga jangan membuang atau memungut anjing di jalan, di pasar atau di pantai dengan sembarangan’

GIANYAR, NusaBali - Anjing positif rabies mengigit empat warga Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Gianyar. Warga yang menjadi korban gigitan anjing rabies berada di Lingkungan Pasar Seni Guwang dan sekitar Banjar Tegal, Desa Guwang.

"Anjing lokal jantan umur tiga tahun, menggigit empat orang. Kejadiannya, Selasa 20 Juni 2023," ujar Kepala UPT Kesehatan Hewan (Keswan) Wilayah Gianyar, Sukawati, Blahbatuh, Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar drh Nyoman Arya Darma saat dikonfirmasi, Sabtu (24/6).

Arya Darma mengatakan telah melakukan pengujian terhadap anjing yang mengigit warga tersebut. Hasilnya, anjing tersebut positif rabies. Sementara, kata Arya Darma, keempat korban telah melapor diri dan melakukan pengobatan ke Puskesmas Sukawati I. "Semua korban sudah mendapat vaksin anti rabies (VAR) di UPTD Kesmas I Sukawati," ujar Arya Dharma.

Meminimalisir keresahan masyarakat setempat, Tim UPTD Puskeswan III Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar yang didampingi Bendesa Adat Desa Guwang, Drs I Ketut Karben dan Sekretaris Desa Guwang, I Putu Suwendra beserta Kelihan Dinas Banjar se-Desa Guwang melaksanakan pengamanan dan pemantauan kegiatan tracing (telusur) dan eliminasi selektif terhadap anjing liar. Kegiatan ini dipantau ketat Babinsa Desa Guwang Koramil 1616-05/Sukawati, Serma Ida Bagus Oka Bisma.

"Sudah kita lakukan eliminasi selektif terhadap anjing yang sempat kontak dengan yang positif tersebut," ujarnya. 

Kepada masyarakat, pihaknya mengimbau agar tetap waspada. "Agar pemilik anjing peliharaan melakukan vaksinasi anti rabies serta tidak membiarkan anjing berkeliaran," tegas Arya Darma.

Menurut Arya Darma, tanpa peran serta masyarakat, penanganan rabies akan sulit dituntaskan. "Rabies tidak akan tuntas kalau tidak kesadaran pemilik hewan, anjing atau kucing untuk merawat kesehatan hewannya," ujarnya. Arya Dharma meminta agar pemilik hewan peliharaan melakukan vaksinasi  secara teratur ke Puskeswan atau praktik dokter hewan. "Masyarakat juga jangan membuang atau memungut anjing di jalan, di pasar atau di pantai dengan sembarangan," tegasnya.nvi

Komentar