nusabali

Stop Jual Pemain ke Saudi

  • www.nusabali.com-stop-jual-pemain-ke-saudi

LONDON, NusaBali - Mantan kapten Manchester United (MU) Gary Neville tidak senang karena banyak pemain bintang yang hijrah ke Liga Pro Saudi. Dia meminta agar klub Premier League menghentikan laju transfer pemain ke Arab Saudi untuk menjaga integritas kompetisi.

Seperti yang diketahui, belakangan ini klub asal Arab Saudi sedang berekspansi besar-besaran. Dalam waktu yang cukup singkat, mereka berhasil mendatangkan sejumlah pemain kelas dunia untuk bermain di Liga Pro Saudi.

Cristiano Ronaldo disebut-sebut menjadi sosok yang membuka jalan bagi para pemain top Eropa lainnya untuk berkarir di Liga Pro Saudi. Dia diboyong Al-Nassr dari MU pada Januari 2023.

Nama-nama seperti N’Golo Kante, Karim Benzema, Hakim Ziyech, Kaulido Koulibaly, Eduard Mendy, dan lainnya menjadi pemain top Eropa yang mengikuti jejak Ronaldo. Hal itu membuat Gary Neville khawatir dikarenakan masih banyak pemain top Eropa lainnya yang diperkirakan akan menyusul.

Neville meminta kepada seluruh klub di Premier League agar segera berhenti melakukan ekspansi besar-besaran kepada klub Arab Saudi. Hal ini karena dapat merusak standar integritas kompetisi mereka. Neville juga meminta tolong kepada Premier League untuk melakukan pemeriksaan transfer yang cukup layak dan terbuka.

"Liga Inggris harus memberlakukan embargo instan pada transfer ke Arab Saudi untuk memastikan integritas permainan tidak rusak, pemeriksaan harus dilakukan atas kelayakan transaksi,” kata Neville kepada BBC Sport. 

Sementara itu, pembelian pemain top Eropa tidak hanya di Liga Inggris. Bahkan klub Saudi, Al Nassr tinggal selangkah lagi mendapatkan tanda tangan penggawa Inter Milan, Marcelo Brozovic. The Global Club siap menggaji mahal pemain Kroasia itu. Selain Ronaldo, Al Nasser juga mendatangkan Hakim Ziyech.

Melansir Calciomercato, Al Nassr menyodorkan tawaran 18 juta euro (Rp 295 miliar) untuk Brozovic. Meski sempay ditolak, Al Nassr kembali menyodorkan tawaean 22 juta euro (Rp 361 miliar) plus bonus. *

Komentar