nusabali

UT Resmi Punya Sentral Layanan di Karangasem

  • www.nusabali.com-ut-resmi-punya-sentral-layanan-di-karangasem

AMLAPURA, NusaBali - Wakil Rektor III Universitas Terbuka (UT) Pusat Adi Winata meresmikan Sekretariat Salut (Sentral Layanan Universitas Terbuka) Karangasem. Unit ini untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yang berniat menempuh pendidikan S-1 di UT.

Sekretariat SALUT Karangasem diresmikan di Aula Kantor Disdikpora Karangasem, Jalan Veteran, Amlapura, Kamis (22/6). Untuk diketahui, Salut ini ke-3 di Bali, setelah di Jembrana dan Buleleng. Salut Karangasem melayani calon mahasiswa di Bali Timur.

Hadir pada acara itu, Direktur UT Denpasar Agus Tatang Supandi, Kadisdikpora Karangasem I Wayan Sutrisna, Ketua Salut Karangasem I Wayan Mertayasa, dan para undangan.

Adi Winata menjelaskan, syarat mendirikan Salut, yakni memiliki mahasiswa yang cukup, daerahnya punya potensi, ada mitra kerja dengan lembaga Pendidikan, dan dukungan dari Disdikpora Karangasem, terutama gedung. “Sebelumnya di Karangasem ada pokja (kelompok kerja),  sekarang statusnya kami tingkatkan jadi Salut,” jelas Adi Winata.

Jelas dia, Salut akan memudahkan pelayanan bidang pendidikan, terutama bagi masyarakat yang hendak meningkatkan kompetensi setelah lulus SMA. Tugas Salut, mengawal proses pendaftaran, sambil menyosialisasikan program perkuliahan, membantu registrasi dan tempat mahasiswa memperoleh bahan ajar.

“Semua mahasiswa UT terdaftar di PD Dikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi). Ini artinya keberadaan mahasiswa itu sah, legal, dan bisa dicek,” jelas Adi Winata. Layanan ini untuk memudahkan masyarakat kuliah di UT hingga tidak perlu lagi ke Denpasar. Apalagi perkuliahannya, kebanyakan online, sesekali tatap muka, tergantung permintaan mahasiswa.

Khusus di Indonesia, kata Adi Winata, UT memiliki 450.000 mahasiswa. Dari jumlah itu, di Bali 10.570 mahasiswa dan Karangasem 560 mahasiswa. Direktur UT Denpasar Agus Tatang Supandi mengatakan, untuk sementara pelayanan masyarakat yang hendak kuliah di UT terbilang cukup, dengan terbentuknya tiga SALUT di Bali, menjangkau wilayah Bali Timur, Bali Barat dan Bali Utara. Bali tengah langsung dapat pelayanan di Denpasar. “Rencananya kami masih perlu mendirikan satu Salut lagi sehingga di Bali ada empat Salut,” kata Agus Tatang Supandi.

Sedangkan Kadisdikpora I Wayan Sutrisna mengapresiasi terbentuknya salut di Karangasem. “Makanya kami fasilitasi ruang untuk perkuliahan di Aula Sabha Widya Praja, jika ruangan itu terpakai, bisa kuliah di ruang sekolah terdekat,” jelasnya. Ketua SALUT Karangasem I Wayan Mertayasa berharap, agar perkembangan UT di Karangasem terus meningkat, dan lebih banyak minta masyarakat kuliah di UT, karena berbiaya murah.7k16

Komentar