nusabali

Lonjakan Pemudik di Pelabuhan Padangbai Diperkirakan Mulai Hari Minggu

  • www.nusabali.com-lonjakan-pemudik-di-pelabuhan-padangbai-diperkirakan-mulai-hari-minggu

AMLAPURA, NusaBali.com - Situasi Pelabuhan Padangbai, Karangasem, terpantau masih lancar pada H-4 Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Sabtu (6/4/2024). Meskipun demikian, jumlah pemudik yang hendak menuju Pelabuhan Lembar, NTB, sudah menunjukkan peningkatan.

Untuk memastikan kelancaran dan keamanan perjalanan para pemudik, Polres Karangasem rutin melakukan monitoring wilayah pelabuhan dan membuka akses pelayanan sosial di Pelabuhan Padangbai.

Kapolres Karangasem, AKBP I Nengah Sadiarta, mengatakan bahwa pelayanan sosial tersebut dibuka dengan pos pelayanan terpadu. Pos ini menyediakan pelayanan kesehatan, pengamanan, dan kebutuhan perjalanan bagi para pemudik.

Pos pelayanan terpadu di Pelabuhan Padangbai dibantu oleh KSOP, ASDP, dan TNI.

"Kegiatan pelayanan yang terintegrasi dan terkolaborasi ini sangat membantu pengamanan berjalan tertib dan lancar, sehingga masyarakat bisa mudik dengan nyaman," kata AKBP I Nengah Sadiarta, Sabtu (6/4/2024).

Wakapolda Bali Brigjen Pol Dr I Gusti Kade Budhi Harryarsana (nomor 4 dari kanan) meninjau Pelabuhan Padangbai, Sabtu (6/4/2024).

AKBP I Nengah Sadiarta menambahkan, gangguan kamtibmas di wilayah Pelabuhan Padangbai tidak menunjukkan peningkatan. Sebaliknya aktivitas masyarakat dan pergerakan barang sudah meningkat pada H-4 Idul Fitri.

Lonjakan jumlah penumpang diperkirakan akan naik secara signifikan pada H-3 (Minggu) atau H-2 (Senin), berdasarkan hasil evaluasi pengamanan Idul Fitri tahun 2023.

"Meskipun ada tol laut yang mengurangi kapasitas orang, kendaraan, dan barang, kami tetap mengantisipasi kemungkinan akan terjadi lonjakan yang signifikan," kata AKBP I Nengah Sadiarta.

AKBP I Nengah Sadiarta memberikan imbauan kepada para pemudik untuk memperhatikan tiga  hal penting demi menjaga keamanan dan keselamatan saat mudik lebaran:
  • Kesehatan: Pastikan kondisi fisik prima untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Kondisi Kendaraan: Pastikan kendaraan dalam keadaan prima, terutama rem dan peralatan lainnya.
  • Kesadaran Hukum dan Kedisiplinan: Tingkatkan kesadaran hukum dan disiplin saat berkendara.
"Marilah kita bersama-sama menjadi polisi untuk diri sendiri dan lingkungan kita, sehingga perayaan Idul Fitri tahun ini bisa berjalan dengan aman, lancar, dan para pemudik bisa berkumpul dengan keluarganya dengan selamat," pesan AKBP I Nengah Sadiarta. *ol4

Komentar