nusabali

Market Mendekati 2019, Terios Lakukan Face Lift

  • www.nusabali.com-market-mendekati-2019-terios-lakukan-face-lift

DENPASAR, NusaBali.com – Pelaku otomotif di Bali semringah melihat performa penjualan di tahun 2023. Pasalnya, setelah lebih dua tahun menghadapi koreksi penjualan dampak pandemi Covid-19, kini penjualan mengarah normal.

“Market tinggi di 2023. Tahun 2019 kan peak-nya, lalu 2020 hingga 2021 market turun sebelum pada 2022 menjadi masa recovery,” terang David Gunawan, Regional Head Jawa Timur, Bali & Nusra PT Astra International, Tbk - Daihatsu Sales Operation.

Salah satu lonjakan dialami Daihatsu di kelas SUV (sport utility vehicle). Terios yang sudah memasuki tahun ke-17, kembali mencatat penjualan apik di semester I tahun 2023 ini.

“Bali potensial market Terios. Market share tahun ini sudah menyentuh 27,48 persen,” ungkap David Gunawan.

Daihatsu Terios sendiri mendapat sambutan positif di Indonesia, yang dibuktikan dengan populasinya mencapai lebih dari 300 ribu pelanggan hingga saat ini.

Diakui oleh David jika market share belum menyamai pangsa yang diraih pada 2019. Namun dari data di lapangan, angka ini tampaknya bakal bisa disamai bahkan dilewati. 

“Market share belum menyamai sales Terios pada 2019 yang mencapai 28 persen. Tapi dengan raihan 27,48 persen berarti tinggal selangkah lagi melebihi 2019,” terang sosok yang memiliki hobi jogging ini.

Saat ini, lanjut David, volume penjualan hanya beda satu unit saja dengan performa 2019. “Rata-rata 86 unit per bulan, selisih satu unit dibandingkan 2019,” katanya.

Trend lonjakan penjualan ini disebutnya sangat luar biasa di tahun 2022, sehingga pada semester I tahun 2023 sudah menjadi market leader di kelasnya. “Rangking kami masih nomor satu. Semoga ini bisa dipertahankan di masa mendatang,” ujar David.

Salah satu cara yang dilakukan Daihatsu adalah dengan melakukan face lift pada Terios yang pertamakali launching tahun 2006 tersebut. 

Improvement yang dilakukan saat ini adalah line up ditambah New Terios R Custom. Sebelumnya R Custom sebagai varian tertinggi, hanya dihadirkan pada saat event-event khusus saja, namun seiring dengan antusias penjualan R Custom, maka kali ini dijadikan salah satu line up melengkapi tipe X dan tipe R. “Masing-masing ada manual dan automatic serta model ADS (Astra Daihatsu Style),” urai David Gunawan.

Wajah baru Terios ini pertamakali ditampilkan di Ancol Jakarta pada Kamis (8/6/2023), sebelum akhirnya diperkenalkan di Bali International Golf, Kesiman Kertalangu Denpasar pada Senin (19/6/2023).

Sementara itu Luh Putu Citra Kepala Cabang Astra Daihatsu Cokroaminoto dan Tabanan menjelaskan New Terios hadir dengan tiga  penyegaran utama, yakni pada sisi eksterior, interior, serta fitur keamanan dan keselamatan. 

Eksterior New Terios ini meliputi bumper, grille, smoke headlamp, dan illuminating lamp yang membuatnya tampak lebih sporty dan adventure. New Terios juga dibekali dengan alloy wheel atau roda berdiameter mulai dari 16–17 inch tergantung varian yang dipilih.

“Ubahan ini membuat tampilan New Terios semakin gagah dan tangguh dalam melewati berbagai kondisi jalan,” kata Putu Citra. 

Sedangkan pada bagian interior, New Terios hadirkan suasana kabin baru yang elegan dan sporty dengan dominasi tema hitam dipadukan aksen merah, serta jok kursi kombinasi kulit membuatnya semakin terlihat.

Untuk fitur keamanan dan keselamatan, New Terios juga memberikan perlindungan  lebih, dilengkapi dengan 6 SRS Airbag pada sisi bagian depan dan samping yang dapat melindungi seluruh penumpang dalam mobil pada varian tertingginya, yakni R Custom.

Selain itu, New Terios juga dilengkapi dengan fitur keamanan lainnya, seperti around view monitor yang dapat menampilkan visibilitas 360° sudut kendaraan, sehingga memudahkan pengendara ketika bermanuver mundur, melewati jalan sempit, serta kondisi berkendara lainnya. 

Untuk on the road (OTR) Bali, New Terios dibanderol dengan harga mulai dari Rp 273.350.000 hingga Rp 334.950.000.  Harga terendah untuk New Terios X MT MC ini ternyata hanya selisih Rp 5 juta dengan varian terdahulu.  

Komentar