nusabali

Apel Kasat Kamling, Upaya Polri Percepat Revitalisasi Satkamling

  • www.nusabali.com-apel-kasat-kamling-upaya-polri-percepat-revitalisasi-satkamling

SEMARAPURA, NusaBali - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menjadi pemimpin apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling) di halaman Mapolres Klungkung, Rabu (21/6) pagi. Hadir, Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta, Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Armen, dan Ketua DPRD Klungkung Anak Agung Gde Anom.

Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo dalam sambutan yang dibacakan Bupati Suwirta menegaskan, apel ini merupakan upaya Polri mempercepat revitalisasi Satkamling.

Situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama terselenggaranya pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia. Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan.

Hal ini sejalan dengan program transformasi menuju Polri yang presisi. Tepatnya pada kebijakan transformasi operasional program ke-5 dan kegiatan ke-21 yaitu peningkatan peran aktif Pamswakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan Pamswakarsa.

Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling. “Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada kelurahan/desa,” ujar Kapolri. 

Satkamling harus senantiasa bersinergi dengan TNI/Polri dan pemangku kepentingan lainnya sehingga pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan optimal. “Kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, sebab persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama,” tegas Kapolri. 7 wan

Komentar