nusabali

Saka Hattrick, Inggris Pesta Gol di Gawang Makedonia Utara

  • www.nusabali.com-saka-hattrick-inggris-pesta-gol-di-gawang-makedonia-utara

MANCHESTER, NusaBali - Pemain tim nasional Inggris Bukayo Saka mengaku sangat senang dapat mencetak hattrick pertama untuk negaranya. Pelatih Gareth Southgate pun memuji setinggi langit Saka, yang dinilai tampil sangat istimewa.

Ya, Inggris pesta tujuh gol saat melindas Makedonia Utara 7-0, dalam lanjutan kualifikasi Euro 2024 Grup C, di Stadion Old Trafford, Selasa (20/6) dinihari WITA.

Pada laga yang dimainkan di markas Manchester United itu, Saka mencetak tiga gol pada menit 38, 47, 51. Empat gol Inggris lainnya dicetak dua gol Harry Kane (29 dan 73), 

Marcus Rashford (45), dan Kalvin Phillips (64). Kemenangan itu membuat The Three Lions memuncaki Grup C dengan poin sempurna dari empat laga, yaitu 12 poin.

"Dengar, ini perasaan yang tidak bisa saya ungkapkan dengan kata-kata. Tidak ada yang bisa saya katakan untuk menggambarkan perasaan saya saat ini. Saya tidak tahu harus berkata apa. Saya sangat bahagia,” kata Saka, di laman resmi Timnas Inggris.

Perihal gol favoritnya, penyerang Arsenal itu memilih gol keduanya melalui tendangan volley kencang yang berawal dari umpan lambung Trent Alexander-Arnold yang pada laga itu bermain kembali di lini tengah dengan memakai nomor punggung 10.

Berandil besar pada gol keduanya, pesepak bola 21 tahun itu memuji kualitas pemain Liverpool tersebut. Dia juga mengungkap gol dengan skema tersebut direncanakannya dengan pemain yang memenangkan trofi Liga Champions keenam untuk Liverpool pada 2018/2019 tersebut.

“Di babak pertama, dia berkata kepada saya, dia akan melakukan operan itu. Ketika saya mencetak gol, saya mencari dia untuk berterima kasih karena dia melakukannya dengan sempurna dan saya tidak perlu menghentikan langkah saya. Itulah kualitas yang dia miliki dan pujian untuknya,” puji Saka.

Lebih lanjut, penampilan istimewa Saka mendapat pujian dari pelatih Inggris Gareth Southgate. Pelatih 52 tahun itu mengaku tidak terkejut dengan hattrick Saka karena menurutnya sang pemain sering memperlihatkan kualitasnya setiap minggu.

"Semua pujian untuk (Saka). Dia bekerja sangat keras, dia berbakat, dia rendah hati,” kata Southgate.

Southgate menilai mencetak hattrick itu bukan perkara mudah bagi seorang pemain sepakbola. Apalagi mencetak hattrick bagi tim nasional. Itulah mengapa Southgate menilai hattrick Saka ini akan jadi momen yang tidak bisa dilupakan sang winger sepanjang hidupnya.

Southgate tidak sungkan menyebut bahwa Saka kini sudah menjadi pemain elit. Dia merasa bersyukur menangani talenta istimewa seperti sang winger.

Laga melawan Makedonia Utara itu merupakan pertandingan terakhir Inggris di FIFA Matchday Juni 2023. The Three Lions akan kembali beraksi pada bulan September mendatang, di mana mereka akan menghadapi Ukraina dan Skotlandia.*ant

Komentar