nusabali

Hari Ini Palebon Raja Denpasar IX, Dishub Lakukan Rekayasa Lalin

  • www.nusabali.com-hari-ini-palebon-raja-denpasar-ix-dishub-lakukan-rekayasa-lalin

DENPASAR, NusaBali - Dinas Perhubungan Kota Denpasar melakukan rekayasa lalulintas saat palebon Raja Denpasar IX Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan yang  berlangsung pada Buda Pon Tolu, Rabu (21/6) hari ini.

Jalan Veteran hingga Jalan Hasanudin Denpasar akan ditutup total saat layon menuju Setra Badung di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Pemecutan, Denpasar Barat, dari Puri Agung Denpasar di Jalan Veteran, Desa Dangin Puri Kauh, Denpasar Utara.

Beberapa ruas jalan yang akan direkayasa arus lalinnya meliputi Jalan Veteran akan ditutup, kendaraan diarahkan ke Jalan Gajah Mada dan Jalan Surapati. Kendaraan yang akan menuju Jalan Surapati bisa melalui simpang Jalan Durian ke Jalan Kaliasem ke selatan kemudian belok kiri menuju Jalan Surapati. Demikian pula simpang Banjar Tainsiat menuju Jalan Yudistira ditutup, diarahkan ke Jalan Patimura ke timur.

Sementara itu, pada saat iring-iringan melintas di sepanjang jalur Jalan Udayana, Jalan Hasanudin, simpang Puri Pemecutan menuju Setra Badung, arus lalin akan buka tutup. Simpang Jalan Imam Bonjol – Jalan Gunung Batukaru ditutup, diarahkan ke Jalan Batukaru. 

Sementara dari arah timur pada simpang Kapten Agung – Jalan Kapten Regug ditutup menuju Jalan Sugianyar, diarahkan ke Jalan Kapten Agung ke selatan. Sedangkan simpang Jalan Sutoyo, Jalan Hasanudin, Jalan Udayana ditutup diarahkan ke Jalan Sutoyo.


Kepala Dinas Perhubungan Kota Denpasar I Ketut Sriawan, mengatakan pihaknya akan kembali melakukan rekayasa lalulintas, namun sifatnya tentatif. Artinya, bila tidak ada kegiatan, lalulintas masih tetap dibuka. Tetapi bila sudah ada aktivitas, maka secara otomatis jalur tersebut akan ditutup. 

“Untuk itu, masyarakat diminta untuk mencari jalur-jalur lain, sehingga tidak terjebak kemacetan,” ujar Sriawan, Selasa (20/6).

Prosesi akan diawali dari Puri Agung Denpasar menuju Patung Catur Muka, tempat bade yang akan menjadi tempat layon Raja Denpasar IX menuju Setra Badung. Arak-arakan ini diperkirakan melibatkan ribuan krama.

Seperti diketahui, puncak karya palebon Raja Denpasar IX ini akan dimulai sejak dini hari. Diawali dengan nunas tirta penembak pada pukul 00.00 Wita di campuhan Tukad Badung. Kemudian dilanjutkan upacara matetangi pada pukul 04.00 yang dipuput Ida Pedanda Gede Sari Arimbawa bertempat di pamerajan.

Dilanjutkan dengan ngardi tirta pangentas pada pukul 05.00 Wita di pamerajan. Setelah itu, dilanjutkan dengan ngutang pering yang diikuti sameton puri di tunon.


Pada pukul 06.00 Wita dilanjutkan dengan upacara mabumi sudha yang dipuput Ida Pedanda Gede Oka Karang. Selanjutnya dilakukan pamelaspas pamereman dan lembu di Catur Muka dan di Jaba Puri yang dipuput Ida Pedanda Gede Putra Keniten.

Mendekati puncak, pada pukul 11.00 Wita direncanakan layon sudah tedun dan pukul 12.30 Wita mamargi ke tunon, dan terakhir sekitar pukul 18.00 Wita dilakukan upacara ngayud di segara Padanggalak.

Pelaksanaan palebon Raja Denpasar IX ini mengambil tingkatan utama dengan nama upacara Sawa Ngasti Wedana.

Seperti diketahui, Raja Denpasar IX Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan IX lebar (wafat) dalam perawatan di RSUP Prof dr I GNG Ngoerah (RSUP Sanglah) pada Minggu (19/2/2023) lalu, dalam usia 79 tahun setelah berjuang melawan penyakit hati (sirosis) yang sudah diderita dalam beberapa tahun terakhir. Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan lahir di Denpasar pada 15 Juni 1943. 

Semasih walaka bernama Ida Tjokorda Ngurah Mayun Samirana. Pada masa mudanya pernah menjadi pegawai di Kantor Gubernur Bali di masa kepemimpinan Gubernur Ida Bagus Mantra. Masuk ke dunia politik Ida Tjokorda Ngurah Mayun Samirana sempat menjadi anggota DPRD Bali dua periode dan anggora MPR satu periode. 7 mis

Komentar