nusabali

Timnas Para Bulutangkis Raih Empat Emas di Kanada

  • www.nusabali.com-timnas-para-bulutangkis-raih-empat-emas-di-kanada

JAKARTA, NusaBali - Timnas para-bulu tangkis Indonesia meraih empat medali emas, tiga perak dan tiga perunggu dalam kejuaraan Canadian Para-Badminton International, di Ottawa pada 14-18 Juni 2023. Ajang itu khusus bagi atlet para-bulu tangkis Indonesia untuk mengumpulkan poin menuju Paralimpiade Paris 2024.

Wasekjen National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Rima Ferdianto bersyukur atas pencapaian prestasi tersebut. Menurutnya, Timnas para-bulutangkis baru saja menyelesaikan pertandingan di ajang tier 1 dengan bobot poin paralympic tertinggi. 

Empat medali emas dari ganda campuran SH6 atas nama Subhan/Rina Marlina, Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila di ganda campuran SL3 - SU5, Qonitah Ikhtiar di tunggal putri SL3 dan Rina Marlina pada tunggal putri SH6. 

Sedangkan tiga medali perak dipersembahkan Khalimatus Sa’diyah (tunggal putri SL4), Leani Ratri/Khalimatus (ganda putri SL3-SU5) dan ganda campuran SL3-SU5 Fredy Setiawan/Khalimatus. Perunggu diraih Fredy Setiawan dan Hikmat Ramdani (tunggal putra SL4) dan Dheva Anrimusti di tunggal putra SU5. 

Leani Ratri Oktila yang turun di tiga nomor mengatakan, dalam kejuaraan itu semua pemain menunjukan permainan terbaik sehingga setiap laga berlangsung ketat sejak putaran pertama. 

"Saya pastinya sangat senang, akhirnya bisa memberikan yang terbaik,” kata Leani Ratri.

Terlebih Leani Ratri mampu menyumbangkan medali emas di nomor ganda campuran bersama dengan Hikmat Ramdani, meski selama turnamen berlangsung Hikmat bertanding dengan peralatan tanding seadanya. Sebab, Hikmat kehilangan koper saat mendarat di Kanada.

“Iya sangat disayangkan, partner mix double saya kehilangan kopernya ketika mendarat di sini. Semua perlengkapan bertanding dan dokumen ada di dalam koper itu. Kejadian ini sangat menggangu pikiran. Walaupun begitu, partner saya berjuang dengan perlengkapan yang harus serba pinjam," kata Ratri.

Apresiasi tinggi juga diberikan kepada warga negara Indonesia di Kanada atas suport bagi atlet Indonesia selama mengikuti kejuaraan. Pencapaian Timnas para-bulutangkis Indonesia di Kanada mendapat apresiasi pula dari pelatih para-bulutangkis Jarot Hernowo. Pasalnya, perjalanan mereka ke Kanada terbilang luar biasa.

Semua atlet yang berlaga di sana merupakan atlet dari ASEAN Para Games (APG) Kamboja 2023. Mereka langsung terbang dari Kamboja menuju ke Kanada tanpa harus kembali dahulu ke Indonesia. 

“Kendala utama yang dihadapi atlet tentu masalah recovery, karena sebelumnya atlet tampil di APG langsung ke Kanada dan panjang perjalanannya,” ucap Jarot Hernowo.k22

Komentar